Pengertian Landing Page Web Dalam Digital Marketing dan Contohnya

Pengertian Landing Page Web Dalam Digital Marketing dan Contohnya

Pengertian Landing Page Web Dalam Digital Marketing dan Contohnya – Bagi teman-teman yang berkecimpung di dunia digital marketing, mungkin sering mendengar istilah landing page. Istilah ini muncul dan sering digunakan, terutama oleh pengusaha yang berjualan online, atau mempunyai toko online. Bagi yang baru mendengar, berikut akan saya jelaskan mengenai pengertian landing page.

Di tulisan berikut, saya akan menjelaskan detail dan lengkap, mengenai landing page. Sebelumnya, kita memahami terlebih dahulu, mengenai pengertian landing page beserta kegunaannya. Selanjutnya, akan saya jelaskan lebih dalam mengenai landing page.

Pengertian Landing Page Web Dalam Digital Marketing dan Contohnya

Perbedan tentang landing page dan home page, juga akan saya bahas. Beserta macam atau jenis landing page yang sering digunakan saat ini.

Contoh-contoh landing page, akan saya sampaikan juga. Semoga nanti contoh landing page ini bisa dipergunakan oleh teman-teman, saat mengaplikasikan dalam sebuah strategi penjualan online.

Ada tips juga untuk membuat landing page, serta sudut pandang dalam membuat landing page, agar dapat mendapatkan konversi terbaik dan menghasilkan uang.

Penjelasan Landing Page

Landing page yaitu sebuah halaman dalam situs atau website, yang mempunyai desain khusus dengan pemikiran, atau mindset serta konsep marketing. Halaman ini akan ditampilkan kepada pengunjung mengakses website melalui hasil pencarian berbayar, atau istilah lainnya paid search.

Perbedaan Landing Page dan Homepage

Ada beberapa hal yang membedakan landing page serta hompepage. Perbedaan yang bisa dilihat, selain dari strukturnya, adalah sebagai fungsinya.

Jika kita asumsikan pada sebuah rumah, homepage yaitu beranda depan rumah Anda. Ia merupakan wajah dari “rumah”. Satu hal yang akan menarik pengunjung untuk berkunjung dan datang ke rumah Anda.

Nah, Fungsi dari landing page inilah yang membedakannya dari homepage. Landing page mempunyai tugas khusus, fungsi homepage punya tugas yang lebih umum.

Tugas sebuah landing page lebih spesifik. Landing page bisa diumpamakan ruang-ruang khusus dalam sebuah rumah. Baik itu ruang keluarga, ruang tamu, kamar tidur, dapur,  atau kamar mandi. Kesimpulannya adalah, landing page  memiliki satu fungsi yang lebih spesifik.

Gimana, udah mulai terbayang ya, perbedaan antara landing dan homepage?

Nah, ada beberapa karakteristik dari landing dan homepage. Berikut beberapa perbedaan antara homepage dan  landing page:

Karakteristik dan Ciri Homepage:

  • Biasanya memuat tampilan utama, dan tampil di depan  sebuah website;
  • Pada Umumnya, homepage adalah halaman pertama yang dilihat saat mengakses sebuah website
  • Adanya tampilan tombol navigasi dan URL yang tertuju ke halaman penting pada website;
  • Seperti etalase bagi pengunjung / konsumen untuk mempelajari semua produk dan layanan yang ditawarkan pada sebuah website.

Karakteristik dan Ciri Landing Page:

  • Landing page yaitu halaman yang mempunyai fungsi khusus / spesifik pada website;
  • Membuat pengguna atau pengunjung untuk lebih fokus pada satu produk dan segera melakukan transaksi pada website. Adanya informasi yang lengkap dan tombol “Call to action” , atau tombol pembelian.
  • Pengguna atau pengunjung, diajak untuk melakukan keputusan dan aksi tertentu (Call to action). Contohnya, mengisi form, membeli produk, mengontak Customer service menggunakan whatsapp, atau mempelajari informasi yang sudah diberikan.

Bagaimana, sudah sangat paham tentang perbedaan landing page dan homepage? Jika belum, coba ulangi baca kembali, agar lebih paham, dan bahas materi selanjutnya.

Oke, sekarang saya akan bahas dan kupas tuntas mengenai jenis-jenis landing page.

Fungsi Landing Page

Berdasarkan jenisnya, ada dua fungsi utama landing page.

  1. Landing page bisa digunakan sebagai proses pengumpulan data pengunjung potensial, hot customer, atau biasa disebut dengan leads. Leads inilah yang dijaga oleh bisnis. Kemudian calon pelanggan ini diharapkan melakukan pembelian di masa mendatang.
  2. Kedua, landing page bisa juga berfungsi agar mempercepat sebuah transaksi. Pada Halaman ini, akan minim distraksi dari menu serta tombol navigasi lainnya. Kata lain, landing page bisa memberikan jalan khusus atau pintas, bagi pengunjung agar mengakses produk atau sebuah layanan yang ingin diinginkan atau yang ingin dibeli.

Jenis-Jenis Landing Page

Secara penjelasan umum, ada 2 jenis landing page. Kesatu yaitu lead generation landing pages (disebut juga dengan lead gen atau lead capture pages). Kemudian yang kedua yaitu click-through landing pages. 

Dibawah ini adalah penjelasan singkatnya:

1. Lead generation landing pages berguna untuk mengumpulkan data calon konsumen. Sebaiknya, data dalam bentuk nam, alamat email dan nomor handphone / whatsapp. Ketiga data ini selanjutnya akan disimpan dan dipergunakan oleh usaha kita, untuk memelihara hubungan dengan calon konsumen.

Melalui email itulah, pemilik usaha biasanya mengirimkan segala macam berupa info promo serta diskon, news, artikel atau tulisan blog, serta konten lainnya. Kegiatan seperti ini biasanya digunaka dalam model marketing Business to Business (B2B)

2. Click-through landing pages biasanya umum digunakan pada model marketing B2C (Business to customer), atau e-commerce. Page yang ditampilkan, umumnya hanya membuat satu tombol yang sederhana. Tombol itu biasanya menampilkan tulisan seperti, “Beli sekarang”, “Shop Now”, “Pilih Sekarang”, “Daftar sekarang”, “klik disini”,  “download sekarang”, dan tulisan lainnya, agar pengunjung mengambil keputusan.

Halaman seperti ini, mengarahkan pengunjung untuk segera melakukan keputusan pembelian pada sebuah website. Tombol navigasi yang terbatas, dibuat guna memperkecil kemungkinan visitor atau pengunjung untuk “melompat” ke page lainnya.

Pengertian Landing Page Web Dalam Digital Marketing dan Contohnya
Pengertian Landing Page Web Dalam Digital Marketing dan Contohnya

Contoh-Contoh Landing Page

Pada pembahasan sebelumnya, saya udah menjelaskan mengenai pengertian landing page, fungsi dari landing page, perbedaan antara landing page dengan homepage, beserta jenis-jenisnya. Selanjutnya, akan semakin lengkap, jika saya memberikan contoh-contoh dari landing page.

Dibawah ini, akan saya berikan contoh landing page, beserta penjelasan, serta deskripsinya.

  1. Airbnb

Yang pertama, saya akan bahas adalah landing page dari Airbnb.

Pengertian Landing Page Web Dalam Digital Marketing dan Contohnya - Airbnb
Pengertian Landing Page Web Dalam Digital Marketing dan Contohnya – Airbnb

Airbnb adalah platform untuk memberikan jasa sewaan properti, seperti rumah atau villa.

Tips ala Airbnb:

  • Menampilkan 1 foto yang menonjol, berupa foto interaksi manusia. Ini bermaksud untuk pengunjung lebih tertarik.
  • Gunakan foto yang bagus, dan resolusi yang cukup.
  • Objek yang diletakkan, bisa di sebelah kiri atau sebelah, kanan, agar pengunng bisa lebih fokus.
  • Gunakan formulir, dengan isian data file yang singkat.

2. Uniqlo

Uniqlo adalah clothing brand yang sudah mencakup skala internasional, dan banyak digemari oleh kalangan anak muda. Uniqlo ini dikenal dengan model pakian yang bergaya simpel, bersih, versatile, desain menarik, dan cocok digunakan oleh laki-laki, atau perempuan.

Pengertian Landing Page Web Dalam Digital Marketing dan Contohnya - Uniqlo
Pengertian Landing Page Web Dalam Digital Marketing dan Contohnya – Uniqlo

Clothing brand Uniqlo yang berasal dari negeri Sakura ini, mampu merambah ke berbagai negara. Terhitung, ada lebih di 17 negara, termasuk Indonesia.

Pada  landing page yang ditampikan, Uniqlo konsisten mengusung nuansa yang sangat simpel. Dengan latar putih, mengenai penempatan logo, tampil di paling atas. Ada fitur juga, agar pengunjung bisa mengisi email.

Tips membuat ala Uniqlo:

  • Tampilan landing page bisa disesuaikan dengan identitas brand Anda.
  • Logo yang sangat sederhana, membuat logo ini mudah diingat.
  • Ada opsi promo dan juga kemudahan untuk mencari barang yang diingkan.
  • Fitur opsi “laki-laki” dan “perempuan” mempermudah juga pengunjung untuk mengakses landing page Uniqlo.

Cara Membuat Landing Page 

Selanjutnya, bagaimana cara membuat sebuah landing page? ada beberapa cara yang bisa digunakan. Berikut tahapannya :

  1. Gunakan platfrom WordPress, nanti Anda tinggal install plugin website builder. Di WordPress Repository sendiri, ada banyak pilihan plugin agar bisa mudah untuk mengutak-atik tampilan website Anda.
  2. Pilih theme pada WordPress sesuai dengan keinginan.

Nanti saya akan membuat artikel khusus dan detail, bagaimana cara membuat landing page. Semoga artikel Pengertian Landing Page Web Dalam Digital Marketing dan Contohnya ini, bermanfaat bagi Anda, dan memahami arti dari Landing page.

Nantikan update terbaru dari saya. ^_^

.

Baca juga

[Infografis] Apa Itu Conversion Rate Pada Digital Marketing?

7 Strategi Membuat Konten Kreatif Digital Untuk Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *