7 Alasan SystemEver Menjadi Software Cloud ERP Indonesia Terbaik

7 Alasan SystemEver Menjadi Software Cloud ERP Indonesia Terbaik

7 Alasan SystemEver Menjadi Software Cloud ERP Indonesia Terbaik –  Menjadi pengusaha yang sukses adalah cita-cita besar saya. Meskipun sekarang masih menjadi karyawan, saya sudah memulai untuk memikirkan langkah kedepan untuk menjadi pengusaha. Minimal, meningkatkan kapasitas diri, untuk terus belajar dan belajar. Kelak, ketika nanti saya bisa terjun langsung menjadi pengusaha, saya sudah bersiap menghadapi persoalan-persoalan besar.

Menjadi seorang karyawan, melatih saya juga untuk lebih tahu tentang dapur manajemen. Setiap hari, saya harus mempunyai kemampuan untuk berkoordinasi dengan divisi atau bagian lain. Tidak hanya urusan skill pekerjaan, namun komunikasi juga sangat penting.

7 Alasan SystemEver Menjadi Software Cloud ERP Indonesia Terbaik

Teringat beberapa bulan lalu, saya berkesempatan untuk ngobrol dan diskusi dengan atasan di kantor, tentang bagaimana mengelola manajemen bisnis secara efektif. Dari obrolan tersebut, ada beberapa poin yang bisa saya ambil dan simpulkan. Ngobrol ngaler ngidul tentang perkembangan bisnis di Indonesia, terutama bisnis di ranah digital. Banyak sekali software bermunculan di zaman yang serba internet.

Melalui tulisan ini, saya akan coba mengilustrasikan dan mempersiapkan diri saya sebagai pengusaha. Saya yakin, jika sebuah mimpi akan menjadi doa, termasuk doa dari yang membaca tulisan ini. Aamiin.

Oke, sekarang akan berbicara mengenai manajemen bisnis. Dari hasil diskusi, catatan saya sebagai berikut:

Manajemen bisnis adalah upaya dan langkah pengaturan, yang dilaksanakan terhadap seluruh bagian, untuk menjalanan sebuah usaha profesional, sehingga bisa mencapai tujuan bisnis yang diinginkan.

Manajemen bisnis sangat diperlukan oleh pelaku bisnis atau perusahaan, demi tercapainya tujuan bisnis, baik dari segi keuntungan/profit, ataupun tujuan lain sesuai dengan tujuan dan keinginan pihak pengelola usaha. 

5 Kunci Utama Mengelola Manajemen Baik dan Efektif

5 Kunci Utama Mengelola Manajemen Baik dan Efektif
5 Kunci Utama Mengelola Manajemen Baik dan Efektif

5 Kunci utama dan hal penting dalam mengelola manajemen bisnis, kita harus bisa menguasai dan mengatur manajemen berikut:

1. Manajemen Produksi

Arti mengenai Manajemen Produksi yaitu, sebagai penataan atau pengelolaan dari proses berubahnya suatu bahan mentah jadi sebuah produk maupun jasa, seperti yang diinginkan, sehingga mempunyai sebuah nilai jual. 

Manajemen produksi adalah salah satu unsur dari bidang manajemen yang mempunyai peran untuk mengkoordinasi dan mengintegrasikan berbagai macam kegiatan dalam sebuah perusahaan, untuk tercapainya sebuah tujuan.

Heizer dan Reider (2011:4) berpendapat melalui analisanya: 

“Manajemen Produksi ialah rangkaian pada kegiatan yang akan menghasilkan nilai pada bentuk barang maupun jasa dengan berubahnya proses input jadi sebuah output”.

Dalam hal ini, manajemen produksi akan mempunyai peran penting juga, dalam penggunaan software ERP pada sebuah perusahaan.

2. Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran yaitu, kegiatan suatu usaha dalam mengimplementasikan dan merencanaka, serta memonitor atau memberi kendali dalam sebuah kegiatan marketing, pada suatu badan atau organisasi, supaya tercapainya sebuah tujuan pada perusahaan, dengan efektif dan  efisien.

Pemasaran merupakan suatu kegiatan manajerial, sehingga membuat individu ataupun sebuah kelompok bisa mencapai apa yang dibutuhkan serta yang inginkan. melalui cara, menawarkan dan memberi informasi sebuah produk yang mempunyai nilai kepada konsumen, atau berbagai kegiatan dann upaya. yang menyangkut menyampaikan sebuah produk maupun jasa, dari mulai bagian produsen hingga konsumen.

Manajemen pemasaran, akan menjadi bagian yang penting dalam proses diaplikasikannya sebuah ERP Sistem dalam sebuah software.

3. Manajemen Distribusi

Manajemen Distribusi yaitu segala upaya dan  proses pengaturan dalam menyalurkan sebuah barang atau jasa, dari produsen hingga ke tangan konsumen. Produsen yaitu orang atau bagian, yang melaksanakan kegiatan produksi. 

Oleh karena itu, manajemen distribusi ini, akan dimonitor lebih baik dengan menggunakan Software Cloud ERP Indonesia.

4. Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan merupakan keseluruhan kegiatan atau aktivitas pada sebuah badan atau perusahaan, dengan segala hal yang berkaitan serta bagaimana cara terbaik untuk menggunakan, mendapatkan, serta mengelola mengenai keuangan sebuah perusahaan.

Manajemen Keungan, bisa diistilahkan juga dengan Financial management, yaitu, proses sebuah manajerial, dengan tujuan untuk melakukan pengelolaan keuangan, serta aset pada sebuah perusahan, untuk dimanfaatkan dan membantu tercapainya sebuah tujuan perusahaan, yaitu untung atau profit.

Penggunaan sebuah software ERP system, akan membuat proses manajemen keuangan menjadi lebih baik.

5. Manajemen SDM

Manajemen sumber daya manusia, biasa juga dikenal dengan istilah MSDM, yaitu proses atau upaya, untuk mengatur berbagai hubungan serta peranan tenaga kerja / karyawam, dalam hal ini sumber daya, yang dipunyai oleh sesorang, secara efektif dan efesien. Dan juga bisa dpergunakan dengan semaksimal mungkin,  hingga  tujuan (goal) bisa tercapai dalam perusahaan, pegawai dan masyarakat dengan maksimal.

Peran software ERP Sistem yang diginakan, akan membuat proses manajemen SDM akan lebih mudah, terutama jika karyawan lebih dari 50 orang.

Dari 5 kunci utama diatas, akan sangat sulit, jika nanti saya memiliki  perusahaan dengan banyak sumber daya manusia (SDM), dengan berbagai kegiatan pekerjaan antar bagian atau departemen,  tanpa adanya sistem manajemen berbasis teknologi yang terpadu. Sumber Daya manusia menjadi bagian penting, dan harus punya sistem yang baik untuk mengelola.

Sistem Apa Yang Tepat Untuk Mendukung Pengelolaan Bisnis?

Dari hasil riset dan mencari tahu kepada teman-teman saya yang sudah menjadi top management, dan beberapa yang sudah menjadi pengusaha, ada sistem yang bisa mendukung sebuah pengeloaan usaha. Sistem itu biasa dikenal dengan ERP (Enterprise Resource Planning) atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai perencanaan sumber daya perusahaan. ERP Sistem ini, berkembang pesat, menggunakan teknologi dalam sebuah software cloud. Di Indonesia, beberapa perusahaan ERP Sistem, sudah banyak yang menawarkan layanannnya.

Pengertian Software

Software atau perangkat lunak, mempunyai pengertian sebagai berikut: peranti lunak ( dalam bahasa Inggris: software) merupakan sebutan buat data atau informasi yang diformat, serta ditaruh secara digital, tercantum program dalam computer, dokumentasinya, serta bermacam informasi atau data yang dapat dibaca, serta ditulis oleh sebuah compter. Dengan kata lain, bagian sistem terkomputerasi yang tidak berwujud. Sebutan ini menonjolkan perbandingan dengan fitur hardware. 

Pengertian Cloud

Mungkin bagi kita beranggapan, jika cloud itu adalah bahasa Inggris dari awan. Namun dalam istilah teknologi informasi, Cloud adalah  metafora dari internet, sebagaimana awan yang kerap ditafsirkan di diagram jaringan personal Computer (PC).

Sebagaimana awan dalam diagram jaringan pc tersebut, awan( cloud) dalam Cloud Computing pula ialah abstraksi dari infrastruktur lingkungan yang disembunyikannya.

  1. Dia merupakan sesuatu metoda komputasi di mana kapabilitas terpaut teknologi data disajikan bagaikan sesuatu layanan atau istilah lain: as a servicesehingga pengguna bisa mengaksesnya melalui akses Internet (“di dalam awan”), tanpa mengenali apa yang terdapat didalamnya, pakar dengannya, ataupun mempunyai kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya.
  2. Pada suatu makalah tahun 2008 yang dipublikasi IEEE Internet Computing”, Cloud Computing merupakan sesuatu paradigma di mana data secara permanen tersimpan di server internet serta tersimpan secara sedangkan di pc pengguna (user) tercantum di dalamnya merupakan desktop, personal computer, tablet, notebook, handheld, sensor- sensor, monitor serta lain- lain

Pengertian dan Penjelasan ERP

ERP merupakan suatu pemecahan yang digunakan melaksanakan kenaikan produktivitas industri, dengan penyediaan data secara nyata.

Alasankuat akan hadirnya konsep ERP ialah sebab secara keseluruhan, industri hendak melaksanakan integrasi sistem, divisi, ataupun bagian yang terpisah bagaikan satu kesatuan.

Penafsiran ERP( Enterprise Resource Planning) ialah sesuatu konsep yang dibuat untuk membuat perencanaan dan pengelolaan sumber energi industri yang melingkupi dana, mesin, SDM, waktu, material, serta stok atau kapasitas.

Enterprise Resource Planning( ERP) ini terdiri dari 3( 3) bagian, antara lain:

  1. Enterprise (industri/ organisasi)
  2. Resource (sumber energi)
  3. Planning( perencanaan)

Penyebutan ERP( Enterprise Resource Planning) ini mencerminkan sesuatu konsep yang berujung pada kegiatan perencanaan. Dengan kata lain, ERP ini lebih mencermati aspek sesuatu perencanaan.

Mengacu pada definisi ERP itu hingga kita dapat mengenali kalau ERP ini mempunyai kegunaan yakni  perlengkapan untuk menggabungkan atau mengintegrasikan proses produksi barang ataupun jasa dalam perusahaan, dan pula integrasi informasi dalam organisasi.

Pengertian atau Penafsiran ERP dari Para Ahli

DIbawah ini, beberapa pengertian ERP yang dikemukakan oleh para ahli

1. Daniel E. O’ Leary

Makna ERP ini ialah sesuatu sistem berbasis computer, yang didesain dalam memproses bermacam transaksi sebuah perusahaan dan memfasilitasi perencanaan yang terintegrasi denan secara real time, penciptaan, dan reaksi atau respon dari konsumen.

2. Hau serta Kuzic

ERP mempunyai arti multi- modul, pemecahan aplikasi pengemasan bisnis yang membolehkan organisasi dalam mengintegrasikan sesuatu proses bisnis dan kinerja industri, pendistribusian informasi, pengelolaan sumber energi, serta penyediaan akses informasi.

3. O’ Brien

ERP yang dikemukakan oleh O’Brien ialah sesuatu perangkat lunak lintas guna terpadu yang merekayasa ulang proses manufaktur, keuangan, sumber energi manusia, distribusi, dan sesuatu proses bisnis yang lain dari sesuatu industri yang berfungsi meningkatkan efisiensi, efektifitas kerja, dan profitabilitasnya.

4. Ellen Monk

Penafsiran ERP yakni suatu sistem yang menolong mengendalikan proses bisnis dari mulai proses produksi, marketing, pembelian, dan accounting di dalam sesuatu kesatuan yang terintegrasi.

ERP berfungsi untuk mengelola keuangan, karyawan, logistik, distribusi, penggajian, penjualan, administrasi dan proses-proses lainnya.

Mengenal Sistem ERP dan Kelebihannya

Dalam  mengenal sistem ERP sebagai konsep planning dan pengelolaan sumber daya perusahaan dalam bentuk aplikasi atau software, kita harus memahami, 3 elemen penting dalam ERP.  ERP terdiri atas 3, yaitu perusahaan (Enterprise), sumber daya (Resource) dan perencanaan (Planning). Software Sistem ERP sudah banyak digunakan oleh para pelaku bisnis.

Dengan teknologi yang menggunakan komputer, sistem ERP akan mampu menganalisa dan merencanakan sumber daya yang ada dalam perusahaan, seperti keuangan, akuntansi, SDM (sumber daya manusia), manajemen persediaan, dan bagian yang lain, untuk selanjutnya diintegrasikan antara satu dengan yang lain, sehingga menciptakan kolaborasi yang efisien dan efisien.

Menyatunya pengelolaan seluruh sumber daya perusahaan akan mengakibatkan berbagai informasi serta datayang dibutuhkan dapat dijangkau dengan akurat dan mudah, sehingga akan menunjang kinerja sebuah perusahaan.

Sistem ERP ini akan mendukung segala kegiatan yang ada di dalam perusahaan. Pengguna ERP ini, tidak hanya digunakan oleh  perusahaan besar, tapi perusahaan menengah SME (Small Medium Enterprise), ataupun usaha yang masih berskala UMKM (Usaha mikro kecil menengah),  disarankan juga untuk menggunakan software ERP sejak dini.

Di era Revolusi Industri 4.0 ini, pelaku bisnis yang ingin berkembang dan maju pesat, sangat membutuhkan digitalisasi sistem manajemen yang canggih, yang menjamin setiap bagian terkoneksi dengan baik dan mempunyai sistem pengawasan yang optimal dari owner perusahaan,  dimanapun dan kapanpun.

Keuntungan Penggunaan ERP

Ada 3 keuntungan besar jika pelaku usaha menggunakan ERP dalam bisnisnya.

Integrasi data keuangan

Standarisasi Proses Operasi

Standarisasi Data dan Informasi

7 Alasan SystemEver Menjadi Software Cloud ERP Indonesia Terbaik
System Cloud ERP – 7 Alasan SystemEver Menjadi Software Cloud ERP Indonesia Terbaik

Memilih  Software Cloud ERP Indonesia Terbaik

Sebelum kita memilih software ERP, sebaiknya, kita harus mengetahui kebutuhan perusahaan yang kita jalankan terlebih dahulu. Salah satu software ERP yang disarankan oleh para pelaku bisnis adalah SystemEver®. Ilutrasinya seperti ini, apa yang menjadi kebutuhan penting dalam pengelolaan dan perencanaan sumber daya pada usaha kita?

Apakah kebutuhan yang paling penting, ada pada bagian keuangan, distribusi, penjualan, logistik, ataupun pada bagian lainnya?

7 Alasan SystemEver Menjadi Software Cloud ERP Indonesia Terbaik
7 Alasan SystemEver Menjadi Software Cloud ERP Indonesia Terbaik

SystemEver® adalah software ERP  atau perangkat lunak ERP yang mempunyai fungsi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. SystemEver menjadi sistem ERP yang cocok untuk berbagai perusahaan seperti manajemen manufaktur, keuangan, persediaan,logistik, produksi dan bagian lainnya.

7 Alasan SystemEver Menjadi Software Cloud ERP Indonesia Terbaik
7 Alasan SystemEver Menjadi Software Cloud ERP Indonesia Terbaik

7 Alasan SystemEver Menjadi Software Cloud ERP Indonesia Terbaik

Dari berbagai data dan informasi yang dikumpulkan, saya menyimpulkan, 7 Alasan SystemEver Menjadi Software Cloud ERP Indonesia Terbaik. Saya akan sampaikan melalui infografis sebagai berikut:

7 Alasan SystemEver Menjadi Software Cloud ERP Indonesia Terbaik
7 Alasan SystemEver Menjadi Software Cloud ERP Indonesia Terbaik –  sistem ERP terbaik

1.      Pengalaman Sudah Teruji

Salah satu poin yang harus diperhatikan ketika akan menggunakan sistem ERP yaitu kualitas dari sistem ERP yang telah dibuat. SystemEver dikembangkan oleh perusahaan ERP terkenal dari Korea Selatan yang dikenal dengan YoungLimWon (永林院) SoftLab Co., Ltd. Berpengalaman lebih dari 27 tahun, perusahaan ini mampu menggaet hati lebih ari 1.600 pelanggan yang tersebar di Korea Selatan, Cina Jepang, Indonesia dan Vietnam.

Berikut Video mengenai SystemEver – 7 Alasan SystemEver Menjadi Software Cloud ERP Indonesia Terbaik

 

Dengan pengalaman ini, bisa memberikan bukti, jika YoungLimWon  memahami kebutuhan serta keinginan pelanggan. SystemEver menjadi salah satu software ERP terbaik di Indonesia.

YoungLimWon diyakini sangat memiliki komitmen penuh bagi perusahaan, untuk bisa lebih maju dan berkembang. Tak mudah melayani pelanggan sebanyak itu, saya semakin yakin, untuk memilih SystemEver sebagai software ERP yang dipergunakan pada perusahaan saya.

2.      Fitur Visual-K™ yang mudah digunakan

User atau pengguna SystemEver akan menikmati sebuah layanan yang biasa dikenal dengan  Visual-K. Fungsi dari fitur ini adalah agar pengguna bisa lebih mudah dalam menggunakan software ERP.

Interface yang mudah dipahami oleh pengguna, karena tidak lagi menggunakan pull down menu, sehingga menjadi lebih lebih nyaman dan sederhana dalam menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan. Kemudahan lainnya adalah semua proses dalam aplikasi dapat berjalan dengan cepat dan jelas. Semakin menguatkan SystemEver sebagai salah satu Software ERP terbaik di Asia Tenggara.

3.      Akses Flexible

Owner perusahaan dapat memonitor berbagai pekerjaan dalam bisnis, dari mulai transaksi, dan rekapan data dari rumah atau lokasi dimanapun. Systemever bisa menjadikan waktu lebih efisien dan lebih efektif.

SystemEver memilik akses yang flexible. selama terhubung dengan perangkat seperti smarphone, laptop, desktop komputer, pekerjaan bisa dilakukan dengan baik.

4. Consultant-K

Istilah Consultant-K adalah layanan yang siap melayani dan memberikan penjelasan mengenai kebutuhan tentang Systemever. SystemEver memberikan informasi kepada pengguna. ini adalah komitmen dari SystemEver untuk memberikan layanan terbaik, agar perusahaan pengguna bisa maju dan berkembang. Menjadikan SystemEver sebagai salah satu Aplikasi ERP terbaik yang ada di Indonesia.

5. Produk Sesuai dengan Kebutuhan

SystemEver memiliki iSeries produk yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. iSeries dari SystemEver hadir dengan unit model (i1, i2, i3) dan integrasi sistem ERP (i5 & i7). Pilihan produk ini, menjadi unsur penting dalam 7 Alasan SystemEver Menjadi Software Cloud ERP Indonesia Terbaik.

Penjelasan  berbagai model ini adalah sebagai berikut:

  • i1 adalah iSeries yang berfungsi sebagai pengelolaan keuangan atau manajemen akuntansi
  • i2 adalah iSeries yang berguna sebagai pengelola Human Resource atau manajemen penggajian.
  • i3 adalah iSeries yang mempunyai fungsi untuk mengelola manajemen persediaan atau Inventory Management.
  • i5 adalah iSeries yang berfungsi sebagai sistem manajemen penjualan dan distribusi
  • i7 adalah iSeries yang mempunyai fungsi lebih luas dan lebih besar, yaitu manajemen pabrik atau manufacturing management. SystemEver versi i7 ini adalah penggabungan dari beberapa model lain dan terintegrasi. Dengan adanya sistem i7 ini, bisa membuat produktifitas perusahaan akan meningkat. Semua pekerjaan pada perusahaan seperti distribusi, marketing, akunting, dan penggajian akan dibantu oleh sistem dari SystemEver ini. Type ini sebagai software cloud ERP Indonesia yang sangat ideal untuk dipergunakan oleh perusahaan Anda.

6. Harga Bersaing dan terjangkau

Harga adalah faktor penting yang dipertimbangkan oleh para pengusaha. Dari info yang saya dapat, SystemEver menawarkan harga yang bersaing dan terjangkau. Biaya yang dikeluarkan, akan terasa bermanfaat jika pekerjaan bisa lebih efektif dan efisien. Jika Anda mencari Software ERP murah, maka SystemEver adalah pilihan yang tepat.

7. Melayani dengan 6 bahasa

Hal penting lainnya dalam penggunaan sebuah software adalah mengenai layanan bahasa. SystemEver dalam layanannya, telah mempunyai layanan dalam 5 bahasa sekaligus, yaitu bahasa Inggris, Korea, Jepang, Mandarin, Indonesia dan Vietnam. SystemEver menjadi salah satu Software Cloud ERP dengan layanan bahasa yang terbaik di Indonesia. Bahasa menjadi layanan penting, untuk menguatkan 7 Alasan SystemEver Menjadi Software Cloud ERP Indonesia Terbaik.

Kesimpulan

7 Alasan SystemEver Menjadi Software Cloud ERP Indonesia Terbaik

 

Dari informasi yang saya kumpulkan dan saya olah, semakin meyakinkan hati saya untuk memilih SystemEver sebagai salah satu Software Cloud ERP Indonesia Terbaik. Jangan sampai salah pilih, jika kelak nanti saya coba-coba dalam memilih software ERP, akan mengakibatkan kerugian dalam hal keuangan dan waktu.

Selain itu, yang paling penting ketika sistem ERP sudah dipergunakan dalam perusahaan adalah, komitmen yang tinggi dari owner atau pimpinan perusahaan, untuk menerapkan sistem. Training yang konsisten, dan kemauan untuk belajar dan upgrade masing SDM (Sumber daya manusia) yang ada pada setiap bagian di perusahaan. Jika semua bagian bisa kerja kerasa untuk bahu-membahu, maka tujuan perusahaan akan tercapai. 

Jadi, buat teman-teman pengusaha dan calon pengusaha, bulatkan tekad, bersama SystemEver sebagai sistem cloud ERP sebagai pendukung usaha, kita realisasikan mimpi dalam kesuksesan bisnis! Bismillah

Semoga tulisan 7 Alasan SystemEver Menjadi Software Cloud ERP Indonesia Terbaik ini bermanfaat bagi Anda.

Informasi lengkap mengenai SystemEver, bisa langsung mengunjungi website di https://systemever.co.id/  Jangan lupa juga untuk follow akun Instagram @systemeverid 

 

2 thoughts on “7 Alasan SystemEver Menjadi Software Cloud ERP Indonesia Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *