5 Kualitas Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Researcher Yang Baik

5 Kualitas Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Researcher Yang Baik

5 Kualitas Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Researcher Yang Baik – Menjadi seorang Researcher mungkin tidak mudah, namun tentu dapat dilatih. Terdapat beberapa kualitas yang harus dimiliki peneliti untuk dapat melakukan sebuah penelitian. Saat ini, profesi Researcher, banyak sekali dicari oleh perusahaan-perusahaan. Researcher dibutuhkan untuk menunjang data sebuah bisnis dalam menambil sebuah kebijakan dan keputusan.

Profesi ini ada banyak macamnya, dan menjadi profesi baru di era digital ini. Profesi researcher ini diantaranya adalah:

Berbagai Macam Profesi Researcher di Era Digital

  1. User experience (UX) Researcher adalah seseorang profesi yang bekerja dan bertugas untuk mencari informasi dan meriset dari target pengguna (user) seputar perilaku serta kebutuhan yang kemudian dianalisis untuk menghasilkan desain yang sesuai kebutuhan pengguna.
  2. Market researcher bertugas serta berkerja untuk melakukan penelitian pasar, serta menyediakan analisis bagi klien dalam menghasilkan sebuah produk. Jadi, profesi marketing research adalah bertugas untuk memberikan masukan tentang bagaimana kemudian produk yang diterima pasar.
  3. Content Researcher adalah profesu yang bertugas melakukan untuk melakukan riset, serta mendapatkan data-data yang akurat, yang kemudian menjadi dasar seorang penulis konten (Content Writer ) dalam membuat tulisan artikel di sebuah website. Contohnya jika content writer akan membuat tulisan tentang topik ‘Supplier Marmer Berkualitas dan Terlengkap yang paling peminatnya di Indonesia, maka content researcher mempunyai tugas untuk melakukan riset dan penelitian, serta mendapatkan data yang akurat, dan bisa dipertanggung jawabkan.

5 Kualitas Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Researcher Yang Baik

[Infografis] 5 Kualitas Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Researcher Yang Baik
[Infografis] 5 Kualitas Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Researcher Yang Baik
  1. Selalu ingin mengetahui informasi baru.

Peneliti yang baik memiliki pikiran yang terbuka mengenai segala hal. Ia tak cepat merasa cukup dengan apa yang ia ketahui. Ia selalu ingin mendapat pengetahuan lebih banyak lagi. Ia juga memiliki pemikiran yang kreatif serta inovatif. Seorang peneliti yang baik adalah ia yang tidak pernah berhenti untuk mempelajari hal-hal baru.

2.       Memiliki pemikiran yang kritis terhadap hal di sekitarnya.

Peneliti yang baik melihat sesuatu diluar dari peristiwa yang terjadi disekitarnya. Ia memiliki pemikiran yang kritis terhadap segala hal, mempertanyakan berbagai hal, dan memperhatikan serta melihat apa yang tidak orang lain lihat.

  1. Suka memikirkan hal-hal baru yang ia temui.

Seorang peneliti tentu telah memiliki wawasan yang ia peroleh baik secara formal seperti sekolah, maupun melalui pengalamannya. Wawasan tersebut merupakan kumpulan dari berbagai pemikiran kreatif yang melahirkan suatu pemikiran baru. Peneliti yang baik, suka memikirkan hal baru yang ia temui dan memiliki rasa keingintahuan mengenai hal tersebut.

4.       Pandai dalam mengekspresikan pemikirannya.

Seorang peneliti harus mampu menuangkan pikirannya kedalam bahasa yang dapat dimengerti oleh orang lain. Kemahiran dalam mengekspresikan ide ini merupakan kualitas yang harus dimiliki seorang peneliti yang baik. Kemampuan ini akan memudahkan orang lain mengerti apa yang dimaksud oleh peneliti.

5.       Menerapkan pendekatan yang sistematis dalam menilai situasi.

Untuk melakukan sebuah penelitian, diperlukan pola pikir yang sistematis dan objektif. Seorang peneliti yang baik, menggunakan penalaran yang logis serta pendekatan analisis yang sistematis dalam menilai situasi.

Semoga artikel 5 Kualitas Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Researcher Yang Baik ini bermanfaat bagi anda. Silahkan di Share ^_^

Baca juga :

Fagetti Sebagai Supplier Marmer Terlengkap Dengan Jenis dan Motif Yang Unik 

7 Alasan SystemEver Menjadi Software Cloud ERP Indonesia Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *