7 Tips Bagaimana Melakukan Riset atau Penelitian Secara Online

7 Tips Bagaimana Melakukan Riset atau Penelitian Secara Online – Di era digital ini, riset atau penelitian sangat penting. Penelitian bisa dipergunakan untuk berbagai macam hal. Beberapa manfaat dari penelitian online antara lain:

  1. Identifikasi masalah dan fakta secara sistematik
  2. Pengumpulan bahan yang dipergunakan untuk menentukan kebijakan
  3. Sebagai bahan atau info yang dipergunakan untuk marketing atau pemasaran
  4. Mencari solusi

7 Tips Bagaimana Melakukan Riset atau Penelitian Secara Online

1.    Menetapkan Topik.

Tetapkanlah topik yang akan diteliti. hal tersebut akan membantu dalam menentukan pencarian jurnal, subjek atau data khusus bagi riset online yang akan dilakukan.

2.    Memfokuskan Topik.

Lakukan brainstorming dan tentukan topik yang lebih spesifik. Gunakan konsep serta ide yang dihasilkan dari brainstorming untuk fokus pada hal yang akan diteliti.

3.    Mencari Referensi.

Carilah informasi mengenai topik utama yang akan diteliti. Gunakan sumber yang valid dan berkualitas yang dapat mendukung serta menjadi informasi tambahan mengenai topik penelitian.

4.    Evaluasi Materi.

Evaluasi kembali informasi yang telah didapat dan dikumpulkan. Apakah masih terdapat kekurangan? Apakah informasi tersebut sudah cukup valid? Apakah informasi tersebut sudah sesuai dengan informasi yang dibutuhkan? Apakah terdapat bias dalam informasi tersebut?

5.    Menyusun referensi, artikel, dan catatan.

Setelah semua referensi, artikel, serta catatan dikumpulkan, maka langkah selanjutnya adalah menyusun kumpulan informasi tersebut dan menentukan mana yang akan digunakan untuk mendukung penelitian anda.

6.    Cantumkan Daftar Pustaka.

Ketika melakukan riset online, mencantumkan atau mencatat daftar pustaka dari buku atau artikel online merupakan hal yang penting. Anda dapat menggunakan tipe atau format dalam mencantumkan daftar pustaka tersebut dengan menggunakan format MLA APA, CBE, Chicago, dan sebagainya.

7.    Periksa dan Lengkapi Kembali.

Periksa kembali materi mengenai penelitian anda. Lihat struktur penulisan serta argumentasi yang anda berikan. Pastikan setiap referensi benar-benar mendukung topik penelitian anda. Pastikan kembali apakah terdapat kesenjangan antara referensi dengan topik penelitian, kemudian buat daftar referensi tambahan apa yang anda butuhkan untuk melengkapi penelitian anda.

Semoga artikel 7 Tips Bagaimana Melakukan Riset atau Penelitian Secara Online ini bermanfaat bagi Anda. Silahkan di Share ^__^

Saya rekomendasi Jasa Riset atau Penilitian untuk bisnis di Bandung, bisa menghubungi Sygma Media Inovasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *