Cara Efektif Mencari Barang untuk Dijual di Online

Cara Efektif Mencari Barang untuk Dijual di Online

Cara Efektif Mencari Barang untuk Dijual di Online – Menentukan suatu produk untuk dijual merupakan langkah paling awal dalam memulai suatu bisnis. Meskipun bukan perkara yang sederhana, tetapi justru sebagian besar pebisnis pemula malah menemukan jalan buntu karena gagal menentukan produk untuk dijual. Faktanya, ketika Anda telah menemukan produk yang sesuai, maka Anda akan menyadari bahwa memulai serta menjalankan suatu bisnis secara online itu tidak sesulit kata orang.

Tahukah Anda, bahwa selain mencari produk yang tepat, Anda juga harus mencari supplier untuk produk tersebut. Tapi, ada satu tahapan lain yang justru sering terlupakan yakni melakukan suatu analisa apakah produk yang akan dijual tersebut memiliki daya jual atau tidak. Hal ini tentunya tidak akan menjadi masalah, jika produk yang Anda jual memiliki daya jual kuat seperti gadget, misalnya. Apabila produk yang Anda jual tidak sesuai, maka usaha apapun yang Anda jalani untuk meningkatkan serta mengembangkan penjualan dapat dipastikan akan mengalami kegagalan.

Cara Efektif Mencari Barang untuk Dijual di Online

Langkah pertama cara efektif mencari barang untuk dijual di online adalah menentukan ide produk. Jika Anda termasuk dalam kategori orang yang susah mendapatkan ide produk, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan seperti misalnya, melakukan pengamatan terhadap masalah terbesar Anda atau orang terdekat saat ini, passion orang di sekitar Anda yang mampu membuat Anda kagum, melakukan teknik ATM atau Amati Tiru Modifikasi sistem wirausaha orang di sekitar, hingga tren pasar yang sedang naik daun.

Langkah kedua cara efektif mencari barang untuk dijual di online adalah melakukan evaluasi kelayakan atas produk yang Anda jual. Sebagai pencetus dan penentu ide atas produk yang dijual, Anda pasti tidak akan merasa aneh dengan ide yang telah terlontar. Padahal, bisa saja dari sudut pandang orang lain ide Anda tersebut merupakan ide yang aneh. Hal ini terjadi karena Anda sebagai pemilik ide telah jatuh cinta dengan ide itu sendiri, sehingga menjadi buta tuli dengan pendapat logis orang lain. Hati-hati, karena ini merupakan salah satu penyebab kegagalan dalam berbisnis. Lalu, bagaimana cara evaluasi atas produk yang baik dan benar?

Pertama, bertanya pada orang terdekat Anda apakah mereka mau beli jika ditawarkan produk seperti itu. Ingat ya, tanyakan apakah mereka mau beli, bukan apakah ada yang mau beli. Kedua, survey pasar atas produk yang ingin Anda jual melalui toko online di berbagai sosial media dan market place seperti Tokopedia, Shopee, hingga Bukalapak. Dengan cara ini, Anda juga dapat mengetahui apakah ada yang berjasil menjual produk tersebut secara online. Ketiga, melihat tren pasar karena tidak semua produk yang terjual habis hari ini bisa tetap laku di hari berikutnya. Apabila Anda ingin membangun bisnis online untuk jangka panjang, maka yang harus Anda lakukan adalah memilih produk yang akan tetap populer dalam jangka panjang. Bagaimana caranya? Gunakan Google Trends.

Langkah ketiga cara efektif mencari barang untuk dijual di online adalah mencari supplier yang tepat. Banyak cara yang bisa Anda lakukan dalam mencari supplier atas produk yang ingin Anda jual, salah satunya melalui mesin pencarian Google apabila Anda terlalu sibuk untuk sekedar berkeliling di sekitar tempat tinggal Anda. Namun, Anda harus berhati-hati dalam memilih supplier secara online karena Anda tidak bisa melihat barang secara langsung. Pastikan terlebih dahulu untuk mencoba produk tersebut agar kualitasnya pun teruji oleh Anda sendiri.

Apabila Anda telah melewati tiga langkah tersebut di atas, maka dapat dikatakan bahwa sekarang Anda telah siap untuk memulai bisnis online dan silakan mulai berjualan. Memang tak dapat dipungkiri lagi, bahwa cara termudah bagi pebisnis pemulai untuk berjualan adalah melalui dunia maya atau internet. Dengan adanya media online ini, Anda tidak perlu menyiapkan banyak modal untuk membuka toko fisik sehingga biaya yang timbul pun dapat ditekan sedemikian rupa. 

Jika anda kebingungan atau butuh konsultasi mengenai bisnis online, atau ingin pengembangan promosi dan marketing di online, bisa menghubungi Vox Digital Indonesia, yang sudah berpengalaman sebagai konsultan marketing online dan creative digital marketing.

Demikian artikel Cara Efektif Mencari Barang untuk Dijual di Online, semoga bermanfaat bagi Anda. 

Baca juga :

Serunya Berbagi di Workshop One Day Shoot Bersama Kriya Cantik Bekasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *