Cara dan Tips Membuat Blog Pada Blogspot

Cara dan Tips Membuat Blog Pada Blogspot Untuk Pemula

Cara dan Tips Membuat Blog Pada Blogspot – Sebagian besar dari Anda pasti pernah mendengar tentang blog. Dengan memiliki suatu blog, Anda dapat berbagi apapun yang Anda suka, dan jika Anda serius dalam melakukan blogging ini, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan yang layak lho!

Bagi Anda yang tertarik bermain blog, ada banyak sekali lho platform bloggin yang menawarkan fasilitas untuk membuat blog secara gratis. Salah satunya adalah Blogspot atau Blogger.com meskipun memiliki keterbatasan tertentu. Namun, blogspot adalah platform yang cocok bagi blogger pemula sebagai langkah awal dalam membuat suatu blog.

Cara dan Tips Membuat Blog Pada Blogspot

Langkah pertama membuat blog pada blogspot adalah Anda harus menuju blogger.com, kemudian login menggunakan akun Google. Jika Anda belum memiliki akun Google atau akun Gmail, maka Anda harus membuatnya terlebih dahulu. Anda akan melihat halaman login yang memberikan pilihan untuk menggunakan identitas. Sebaiknya, Anda memilih profil Google Plus daripada profil Blogspot. Lalu, Anda tekan tombol Lanjutkan ke Blogger.

Langkah kedua membuat blog pada blogspot adalah menekan tombol Blog Baru. Setelah Anda menekan tombol tersebut, Anda akan melihat sebuah halaman baru untuk memulai perjalanan blog Anda. Silakan tambahkan nama dan memilih nama domain untuk blog Anda. Pilihlah nama yang sederhana, tetapi unik dan mudah diingat. Setelah Anda melakukan langkah ini, maka blog Anda pun sudah dapat dikatakan selesai, meskipun belum sepenuhnya. Masih ada beberapa pengaturan yang perlu Anda lakukan pada blog tersebut, agar blog di Blogspot Anda semakin SEO, seperti misalnya mengubah template dan menambah halaman. Untuk mengubah template, bisa Anda lakukan pada menu pengaturan ini. Ada banyak template yang disediakan oleh blogspot yang bisa Anda gunakan untuk blog Anda secara cuma-cuma atau gratis. Pilih template yang menurut Anda mampu menginterpretasikan blog yang ingin Anda buat tersebut. Perhatikan setiap detail template yang Anda pilih, mulai dari warna, font, hingga layout-nya agar semua sesuai dan enak dipandang.

Langkah ketiga membuat blog pada blogspot adalah masuk ke dalam menu dasbor blogspot. Pada menu ini, Anda akan melihat back end blog dan bisa masuk ke dalam menu pengaturan, serta membuat beberapa perubahan untuk meningkatkan visibilitas blog tersebut.

Langkah keempat membuat blog pada blogspot adalah menekan tombol menu ikhtisar untuk melihat daftar menu untuk mulai membuat post, halaman, hingga mengatur adsense pada blog Anda tersebut. Setelah semua selesai, Anda dapat melihat tampilan blog secara keseluruhan. Pastikan bahwa template sudah sesuai dengan template yang telah Anda pilih.

Tips Mengatasi Halaman yang Anda Minta Tidak Valid

Apabila Anda membuka satu halaman blog dan menemukan pesan bahwa halaman yang Anda minta tidak valid, kemungkinan blogspot telat menganggap Anda sebagai spammer. Lalu, bagaimana solusinya? Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, sebagai berikut:

  • Jika Anda menggunakan modem, maka refresh koneksi dengan cara memutus lalu menyambungkan kembali koneksinya dengan tujuan agar kode IP berubah
  • Clear atau bersihkan cache, cookies, dan history browser yang Anda gunakan

Setelah dua cara tersebut, maka Anda bisa mencoba untuk membuat blog lagi seperti langkah yang telah dijabarkan di atas.

Sekian Cara dan Tips Membuat Blog Pada Blogspot bagi pemula. Ada baiknya, jika Anda segera mempraktekkan cara tersebut di atas agar keinginan Anda menjadi blogger dapat segera terwujud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *