7 Strategi Membuat Konten Kreatif Digital Untuk Marketing

7 Strategi Membuat Konten Kreatif Digital Untuk Marketing

7 Strategi Membuat Konten Kreatif Digital Untuk Marketing – Di era serba digital saat ini, Anda tentunya sudah tak asing lagi dengan istilah bernama online marketing. Ada banyak macam online marketing yang salah satunya adalah content marketing. Tahukah Anda, bahwa sangat penting memiliki rencana suatu content marketing yang cerdas dan solid. Lalu, apa sih sebenarnya content marketing ini?

Content Marketing merupakan suatu strategi marketing yang terfokus dalam membuat serta mendistribusikan konten yang menarik, relevan, berharga, dan bisa mendapatkan audience dengan tujuan akhir untuk menghasilkan keuntungan bagi suatu bisnis.

Content Marketing adalah salah satu cara yang telah berkembang secara signifikan dan paling efektif bagi Anda para pebisnis online. Mengapa? Karena dapat dipastikan pelanggan hanya akan memilih untuk berinteraksi dengan konten yang tentunya menarik minat mereka. Hal ini berlawanan dengan marketing cara tradisional. Berdasarkan statistik, content marketing ini dapat meningkatkan conversion rate bisnis Anda hingga 6 kali lipat.

Jenis Format Content-Marketing
Jenis Format Content-Marketing

Content Marketing seringkali dianggap sebagai suatu strategi marketing yang wajib dilakukan, karena konten berbicara langsung kepada pelanggan. Sebagai pebisnis online, konten mampu meningkatkan komunikasi antara merk dengan klien, baik dalam hal yang ingin Anda sampaikan dan seberapa kuat dampaknya pada mereka.

7 Strategi Membuat Konten Kreatif Digital Untuk Marketing

Berikut 7 strategi membuat konten kreatif digital untuk marketing:

1.Menentukan Tujuan

Dengan mengetahui terlebih dahulu apa tujuan yang ingin Anda capai sebelum memulai perencanaan, dapat membantu Anda menentukan hal-hal apa saja yang cocok untuk dimasukkan dalam daftar strategi konten kreatif digital untuk marketing bisnis Anda.

2.Menentukan Target Audience

Salah satu strategi konten kreatif digital untuk marketing yang jitu adalah mengetahui siapa saja target audience Anda atau biasa disebut dengan buyer persona.  Apabila Anda mengetahui target audience yang ingin Anda tuju, tentunya Anda bisa membuat konten yang lebih relevan dan menarik bagi para audience tersebut, agar nantinya mereka tertarik untuk membeli produk atau jasa dari bisnis yang Anda tawarkan.

3. Melakukan Audit dan Update Konten

Pada umumnya, para pelaku bisnis memulai strategi konten kreatif digital untuk marketing ini dengan membuat suatu blog post. Namun, sebenarnya Anda bebas saja untuk membuat jenis konten lain yang menurut Anda dapat membantu meningkatkan profit bisnis Anda tersebut. Nah, jika Anda telah mengeluarkan banyak konten, ada baiknya Anda juga melakukan evaluasi dan review atas konten yang telah Anda buat tersebut. Apakah konten itu membantu conversion rate? Atau mungkin konten itu membantu meningkatkan brand awareness serta traffic website bisnis Anda? Dari hal-hal seperti itulah, Anda bisa memikirkan strategi apa yang seharusnya Anda lakukan di tahun berikutnya.

4. Menentukan Content Management System

Suatu aplikasi komputer yang mendukung pembuatan dan modifikasi konten digital atau seringnya disebut dengan content management system ini dapat menjadi salah satu strategi konten kreatif digital untuk marketing yang jitu. Anda harus pahami, ada beberapa fitur yang wajib ada pada sebuah content management system yang baik, seperti content creation atau pembuatan konten, content publication atau perilisan konten, dan content analytics atau analisis konten.

5. Menentukan Ide Konten

Ide konten menjadi penentu atas keberhasilan strategi konten kreatif digital untuk marketing Anda. Bagi Anda yang merasa kesulitan dalam mencari ide ini, ada beberapa tools yang bisa membantu Anda seperti misalnya, Hubspot Website Grader, What to Write, Feedly, BuzzSumo, hingga Content Forest.

6. Menentukan Jenis Konten

Jenis konten tentu saja dapat mempengaruhi atas strategi konten kreatif digital untuk marketing yang Anda buat, karena jenis konten mampu menjadi daya pikat perhatian orang banyak. Ada beragam jenis konten kreatif yang dapat Anda pilih dengan beberapa format yang paling banyak digunakan, seperti Blog Post, eBooks, Template, Infographics, Video, Podcast, External Content, hingga membuat konten asli khusus untuk situs eksternal seperti Medium.

7. Mengelola Konten Menggunakan Kalender Editorial

Setelah deretan strategi konten kreatif digital untuk marketing di atas telah Anda lakukan, maka selanjutnya adalah mengatur dan mengelola konten tersebut. Hal ini dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan kalender editorial. Apa itu kalender editorial? Kalender editorial adalah dokumen kerja yang berisi informasi untuk memproduksi, menyampaikan, serta mempromosikan rencana strategi konten.

Dibutuhkan banyak sekali waktu hingga kreativitas untuk menumbuhkan strategi konten kreatif digital yang sukses. Namun, hal itu akan menjadi mudah jika Anda mengikuti langkah-langkah di atas dengan baik.

Semoga artikel 7 Strategi Membuat Konten Kreatif Digital Untuk Marketing ini bermanfaat, Selamat Mencoba!

2 thoughts on “7 Strategi Membuat Konten Kreatif Digital Untuk Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *