Cara Daftar dan Berjualan di Marketplace Indonesia

Cara Daftar dan Berjualan di Marketplace Indonesia

Cara Daftar dan Berjualan di Marketplace Indonesia – Berjualan secara online menjadi suatu pilihan yang menarik karena dunia digital sudah semakin maju dan setiap orang memiliki akses yang luas dan mudah dengan adanya internet. Mengapa harus berjualan dan harus online? Karena berujualan merupakan hal paling sederhana dari pengertian bekerja yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Lalu, mengapa harus online? Tentu saja untuk memudahkan suatu bentuk pemasaran tanpa harus terkendala tempat atau sempitnya peluang kesuksesan. Melalui berjualan secara online, Anda akan memiliki ruang pemasaran luas tanpa batas.

Selain itu, masyarakat pun telah beralih menjadi masyarakat yang menyukai segala sesuatu berbau praktis, seperti misalnya konsep belanja tanpa harus keluar rumah, macet, atau bahkan antri di kasir. Nah, setelah memutuskan untuk berjualan secara online, media pemasaran seperti apa yang harus Anda pilih?

Salah satu media pemasaran yang bisa Anda manfaatkan untuk memulai bisnis online adalah market place karena bisa menjadi penengah untuk segala transaksi antara Anda sebagai penjual dan calon pembeli di luar sana. Anda pun memiliki jaminan keamanan transaksi dan kemudahan pembayaran.

Cara Daftar dan Berjualan di Marketplace Indonesia

Ada beberapa market place di Indonesia, seperti

  • Tokopedia
  • Shopee
  • Bukalapak
  • Lazada
  • Elevania
  • Blanja, dan lainnya.

Anda pilih sebagai media pemasaran produk bisnis online yang Anda geluti. Banyak sekali keuntungan dan peminat untuk berjualan online. Tapi tahukah Anda, ada beberapa cara daftar dan berjualan di market place Indonesia bagi pemula agar sukses? Berikut beberapa di antaranya:

  1. Produk Berkualitas merupakan salah satu kunci agar berjualan di market place Indonesia bagi pemula seperti Anda dapat berjalan lancar. Tak hanya berkualitas, tetapi ada baiknya jika produk tersebut memiliki daya saing yang mumpuni, karena pasti akan banyak sekali produsen yang memproduksi barang tersebut. Pilih produk yang unik untuk menarik minat calon pembeli. Ingatlah, agar selalu memperhatikan kualitas produk yang Anda jual agar konsumen tidak kecewa, bahkan memiliki keinginan untuk repeat order atau melakukan pemesanan kembali.
  2. Definisi produk dan gambar yang baik merupakan trik lain yang harus Anda penuhi untuk berjualan secara online melalui market place Indonesia, karena membeli secara online, berarti konsumen tak dapat melihat langsung barang yang akan dibeli. Oleh karena itu, mereka pasti akan memperhatikan setiap detail produk dari definisi dan gambar atau foto yang Anda cantumkan pada iklan tersebut. Berikan detail produk agar sesuai dengan ekspektasi konsumen, dengan cara memberi deskripsi lengkap dengan baik dan lengkap serta mencantumkan foto asli produk tersebut.
  3. Langkah pertama untuk daftar dan berjualan online di market place Indonesia adalah dengan mendownload aplikasi market place yang Anda kehendaki pada gadget Anda. Kemudian, lakukan proses pendaftaran dengan memasukkan profil Anda seperti email, nomor ponsel, pin BBM, atau akun sosial media lain yang Anda miliki saat ini. Dengan adanya aplikasi market place ini, dapat memudahkan Anda menjalankan bisnis online di mana pun dan kapan pun.
  4. Langkah kedua untuk daftar dan berjualan online di market place Indonesia adalah dengan menambahkan foto produk yang akan Anda jual. Usahakan foto produk tersebut semenarik mungkin dan selalu gunakan foto asli. Mengapa? Karena dengan foto asli, konsumen akan lebih percaya pada kredibilitas Anda dan tertarik untuk membeli produk tersebut. Setelah foto produk tersebut sudah Anda upload, maka selanjutnya adalah mengisi keterangan dan deskripsi tentang produk pada kolom yang telah disediakan pada aplikasi. Anda harus mengisi berat barang, harga, kriteria, serta kategori produk sesuai peraturan pada market place tersebut.
  5. Langkah ketiga untuk daftar dan berjualan online di market place Indonesia adalah mengisi data nomor rekening pribadi. Perlu Anda ketahui, jika Anda memutuskan untuk berjualan online menggunakan market place, maka Anda tidak bisa menerima pembayaran secara langsung dari calon pembeli. Pembayaran dari para calon pembeli Anda akan tersimpan di saldo market place tersebut dan Anda bisa menarik saldo tersebut setelah pembeli menerima barang yang telah mereka pesan dari Anda. Penarikan saldo ini juga memiliki waktu tertentu sesuai dengan persyaratan dan peraturan market place yang Anda gunakan tersebut.

Cara daftar dan berjualan di market place Indonesia sungguh mudah bukan? Semoga artikelĀ Cara Daftar dan Berjualan di Marketplace Indonesia ini dapat membantu Anda memulai bisnis online impian. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *