3 Tren Sosial Media Bagi Pelaku Bisnis Yang Harus Diperhatikan di 2018

3 Tren Sosial Media Bagi Pelaku Bisnis Yang Harus Diperhatikan di 2018

3 Tren Sosial Media Bagi Pelaku Bisnis Yang Harus Diperhatikan di 2018 – Media sosial menjadi salah satu sarana yang ampuh bagi para pelaku bisnis untuk memasarkan produk, jasa atau brand-nya. Seiring dengan perubahan  tren, gaya hidup, dan perubahan kecepatan teknologi internet,  pola pemasaran di sosial media bisa berubah cepat dalam waktu 12 bulan terakhir.

Sebagai pelaku digital strategis yang bersiap menyambut tahun 2018, saya  akan sedikit berbagi mengenai 3 tren pemasaran media sosial, yang harus diperhatikan oleh brand di tahun 2018.

3 Tren Sosial Media Bagi Pelaku Bisnis Yang Harus Diperhatikan di 2018

Berikut adalah tiga perkembangan yang perlu diperhatikan.

1. Naiknya Biaya Iklan di Sosial Media

Sebelumnya, followers mempunyai peranan penting pada kampanye di sosial media. Follower organik yang gratis, mulai berkurang perannya, dikarenakan algoritma di beberapa sosial media telah berubah. Channel sosial media, terutama Facebook, menggiring pengguna akun brand untuk beriklan. Oleh karena itu, brand harus menyiapkan dana khusus agar kampanye marketing yang diluncurkan di sosial media bisa optimal dan efektif.

Karena jumlah pengiklan di media sosial meningkat, demikian juga biaya belanja iklan di Facebook , dari data yang dikeluarkan Facebook, biaya iklan Facebook meningkat 74% dari tahun ke tahun pada tahun 2017.

Secara keseluruhan, biaya iklan digital telah meningkat 12% dari tahun ke tahun. Banyak brand menyadari bahwa pemasaran media sosial memberikan cara yang sangat efektif untuk menjangkau kelompok konsumen yang ditargetkan, yang mendorong persaingan untuk memperoleh hasil pada iklan di sosial media.

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa pada tahun lalu, CPM (adalah Cost per Impression; membayar per 1000 tampilan) rata-rata di Facebook telah meningkat 171%, dan rata-rata CPC (adalah Cost per click; membayar per click) meningkat 136%.

Jika anda tidak berencana untuk memiliki atau meningkatkan anggaran iklan di sosial media pada tahun 2018, pertimbangkan kembali, karena bisa jadi pesaing di belakang anda akan siap-siap untuk menyalip brand anda.

2. Perkembangan Video Menjadi Penting dalam Kampanye

Pentingnya konten video media sosial semakin meningkat pada tahun 2017 – namun pada tahun 2018, pemasaran video akan terbukti menjadi bagian yang lebih penting dari strategi kampanye konten anda.

Tahukah anda, jika video di media sosial menghasilkan 1.200% lebih banyak SHARE daripada kombinasi teks dan gambar? Karena netizen 95% menangkap pesan dari apa yang mereka lihat dari video. Sementara itu, hanya 10% yang menangkap pesan dari kombinasi teks dan gambar.

3 Tren Sosial Media Bagi Pelaku Bisnis Yang Harus Diperhatikan di 2018
3 Tren Sosial Media Bagi Pelaku Bisnis Yang Harus Diperhatikan di 2018 – video

Kesimpulannya adalah, menyambut 2018, sebaiknya pemilik brand mempertimbangkan untuk menambahkan konten video ke strategi kampanye di media sosial.

Diperkirakan pada tahun 2019, video akan mencapai 80% dari seluruh lalu lintas internet konsumen. Sudah waktunya untuk menghasilkan video -video kampanye dengan lebih serius.

3. Influencer Marketing Tetap dibutuhkan Untuk Menjaga Popularitas

Menggunakan influencer/buzzer  untuk memperluas jangkauan kampanye brand, sangat populer di tahun 2017, dan ini tidak mengherankan.

Studi menunjukkan bahwa 74% orang melihat saran dari influencer di media sosial untuk mengambil keputusan membeli, dan 40% orang telah membeli sesuatu berdasarkan melihatnya dipromosikan oleh influencer di Instagram atau Twitter.

Brand bisa menaikkan biaya lebih dalam memilih influncer sebagai media promosi brand anda. Tentunya, ketika kampanye kita disampaikan oleh influencer, bisa berefek viral dan dibicarakan oleh pasar.

Dari ketiga tren ini, kita bisa mengevaluasi, mengukur, seberapa besar tingkat efektifitas dan suksesnya kampanye sebuah brand. Akan lebih optimal lagi, jika ketiga tren tersebut kita kombinasikan. Kita harus bisa mengukur berapa konversi penjualan dan jangkauan pesan yang disampaikan.

Jika anda masih bingung untuk ketiga strategi mengikuti 3 Tren Sosial Media Bagi Pelaku Bisnis Yang Harus Diperhatikan di 2018 ini, bisa berkonsultasi saya langsung di Whatsapp 087822434366 atau email feydiansyah777@gmail.com

Semoga informasi ini bermanfaat. Silahkan di SHARE.. ^__^

Baca juga

Alasan Mengapa Instagram Sangat Penting untuk Bisnis

4 thoughts on “3 Tren Sosial Media Bagi Pelaku Bisnis Yang Harus Diperhatikan di 2018

  1. Untunglah… influencer masih punya harapan di tahun depan. tapi para pemilik brand dan agency juga harus jeli, mana influencer yang memiliki follower organik , mana yang beli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *