Cara Memasang Iklan di Google Ads untuk Pemula

Cara Memasang Iklan di Google Ads untuk Pemula

Cara Memasang Iklan di Google Ads untuk Pemula – Google Adwords merupakan salah satu alternatif sarana promosi untuk bisnis online maupun offline yang bisa Anda pilih dan gunakan dengan mudah. Google telah mendesain layanan ini sehingga Anda bisa mengatur dan mengelolanya secara online. Berikut beberapa cara memasang iklan di google ads yang bisa Anda terapkan untuk kelancaran bisnis Anda.

  • Siapkan satu email Google, kemudian silakan masuk http://adwords.google.com dan menekan tombol Start Now.
  • Isi alamat email Anda pada kolom yang tersedia, kemudian klik Save and Continue
  • Lengkapi isian form yang tersedia sebelum klik Next Stop
  • Anda akan menerima satu email verifikasi berisi tautan yang harus Anda klik
  • Google Adwords milik Anda telah selesai dibuat. Selanjutnya, klik take me to my account untuk membuat iklan Anda yang pertama.
Cara Memasang Iklan di Google Ads untuk Pemula
Cara Memasang Iklan di Google Ads untuk Pemula

Cara Memasang Iklan di Google Ads untuk Pemula

Membuat Iklan Google Adwords

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat campaign dengan cara klik create your first campaign. Bila Anda membuka halaman melalui dashboard Adwords, Anda bisa langsung klik pada tombol campaign, kemudian pilih jaringan di mana iklan Anda ingin ditampilkan.
  • Isi campaign name sesuai kategori yang Anda inginkan, lengkapi dengan Type : Search Network Only, dan terakhir klik tombol radio : standard.
  • Tentukan pilihan tampilan iklan Anda melalui Networks untuk menentukan apakah iklan Anda akan ditampilkan pada partner pencarian Google atau tidak.
  • Jangan lupa untuk menentukan lokasi untuk menargetkan iklan agar muncul berdasarkan lokasi yang Anda inginkan. Hal ini penting untuk memetakan area bisnis Anda.
  • Kemudian pilih bahasa yang ingin Anda gunakan pada menu languages agar iklan Anda muncul berdasarkan bahasanya. Perlu Anda ketahui bahwa Google akan menentukan iklan berdasarkan preferensi bahasa pada akun yang digunakan penggunanya, permintaan pencarian, dan juga halaman yang sedang dilihat saat ini. Silakan Anda pilih bahasa Indonesia dan Inggris karena orang Indonesia pada umumnya menggunakan kedua bahasa ini.
  • Langkah selanjutnya adalah pengaturan bid strategy. Pada menu ini, Anda harus menentukan total anggaran perhati dan berapa nilai default bid atau penawaran maksimum yang Anda izinkan untuk ad groups. Default bid-lah yang menentukan berapa batas maksimum biaya CPC.

Ada dua cara pengaturan bid:

  1. Otomatis yang artinya, Google yang mengatur biduntuk mengoptimalkan iklan Anda, berdasarkan algoritma Google
  2. Manual yang artinya, Anda yang menentukan dan mengatur sendiri jumlah besarannya.

Sekedar info saja mengenai biaya iklan Google Adwords per klik ditentukan berdasarkan semacam sistem lelang. Para pengguna yang memasukkan batas bid lebih tinggi, memiliki kesempatan iklan mereka lebih sering tampil dan ada di posisi strategis.

  • Ad extensions merupakan fitur tambahan yang ada pada iklan Anda, bebas biaya, dengan tujuan untuk memberikan tambahan informasi penting bagi calon pelanggan, seperti alamat dan nomor telpon.

Salah satu fungsinya adalah bila Anda mencantumkan alamat, kebetulan ada calon pelanggan yang melihat iklan Anda dan berpendapat, bahwa lokasi bisnis Anda ternyata dekat dan juga terjangkau dengan mereka, mungkin itu bisa membuat mereka memilih Anda daripada kompetitor lain. Namun, hal Ini tentu saja hanyalah opsional apakah Anda ingin menggunakannya atau tidak.

  • Jika Anda telah selesai, maka selanjutnya adalah klik tombol save and continue.

Nah, sekarang Anda hanya tinggal menunggu iklan Anda ditinjau oleh tim Google Adwords pada hari kerja. Penting bagi Anda untuk memahami bahwa tidak semua produk atau jasa bisa diiklankan di Google Adwords, oleh karena itu perhatikanlah kebijakan dari Google Adwords.

Demikian sedikit informasi Cara Memasang Iklan di Google Ads untuk Pemula. Silahkan di Share, semoga bermanfaat. ^__^

Baca juga

Cara Memasang Iklan di Facebook Ads Bagi Pemula

Cara Memasang Iklan di Instagram Ads bagi Pemula

Jenis dan Cara Memasang Iklan di Twitter Untuk Pemula

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *