Cara Memasang Iklan di Facebook Ads Bagi Pemula

Cara Memasang Iklan di Facebook Ads Bagi Pemula

Cara Memasang Iklan di Facebook Ads Bagi Pemula – Media sosial merupakan sarana yang tepat untuk menunjang strategi pemasaran bagi Anda yang ingin mengembangkan jangkauan pasar dengan lebih luas, atau ingin menjual produk offline Anda. Salah satunya dengan memanfaatkan fitur Facebook Page sebagai salah satu strategi untuk membawa bisnis Anda agar semakin berkembang dan tumbuh. Namun, tak hanya sebatas membuat facebook page saja, tetapi Anda juga perlu meningkatkan jumlah fans untuk menambah interaksi dengan para pengguna atau calon customer Anda. Nah, cara paling efektif dan mudah untuk menambah fans adalah dengan menggunakan Facebook Ads atau bahasa awamnya adalah memasang iklan di Facebook.

Sebagai aplikasi sosial media, Facebook menjadi market yang menarik di Indonesia. Ibarat kolam, didalamnya terdapat berbagai macam ikan, yang siap kita pancing dan kita dapatkan, sebagai konsumen produk-produk kita.

Bagaimana cara memasang iklan di Facebook? Silakan simak tutorialnya di bawah ini.

Cara Memasang Iklan di Facebook Ads Bagi Pemula

Buat Account Facebook Ads

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah login ke akun Facebook Anda, kemudian masuk ke pengaturan akun. 

Fitur Setting - Cara Memasang Iklan di Facebook Bagi Pemula
Fitur Pengaturan Akun  – Cara Memasang Iklan di Facebook Ads 

Selanjutnya isi form dengan lengkap dan sesuai data Anda yang sebenarnya. Jangan lupa untuk mengisi nama akun dengan pilihan nama akun yang sederhana, seperti misalnya nama toko online Anda.

Cara Memasang Iklan di Facebook Ads Bagi Pemula 2.jpg
Mengisi Form – Memasang Iklan di Facebook Ads Bagi Pemula

Lengkapi informasi lainnya sesui dengan kolom yang disediakan. Hal ini bertujuan untuk proses tagihan pembayaran. Jangan lupa untuk memeriksa kembali data diri dan segala informasi yang telah Anda berikan untuk memastikan bahwa data Anda sudah benar.

Langkah berikutnya adalah masuk ke menu Tagihan dengan tampilan sebagai berikut,

Cara Memasang Iklan di Facebook Ads Bagi Pemula
Menu Tagihan – Cara Memasang Iklan di Facebook Ads Bagi Pemula

Silakan Anda tambahkan informasi mengenai kartu kredit ke akun Facebook Ads Anda. Alangkah baiknya jika Anda menambahkan metode pembayaran sekunder. Hal ini untuk meminimalkan resiko apabila kartu kredit Anda overlimit atau diblokir dengan alasan apapun, maka iklan yang telah Anda pasang di Facebook tidak akan berhenti untuk ditayangkan.

Iklan Anda akan dihentikan oleh pihak Facebook hingga Anda mampu membayarnya kembali, jika pembayaran utama gagal diverifikasi. Klik menu Metode Pembayaran pada opsi di sebelah kiri atas untuk menambahkan metode pembayaran. Ada beberapa metode pembayaran yang dapat Anda pilih dari menu tersebut. Sebagai contoh, metode pembayaran melalui kartu kredit.

Cara Memasang Iklan di Facebook Ads Bagi Pemula
Metode Pembayaran – Cara Memasang Iklan di Facebook Ads Bagi Pemula

Lengkapi data kartu kredit Anda untuk memproses metode pembayaran ini sesuai kolom yang telah disediakan.

Cara Memasang Iklan di Facebook Ads Bagi Pemula
Melengkapi Data – Cara Memasang Iklan di Facebook Ads Bagi Pemula

Langkah berikutnya adalah menetapkan apa tujuan Anda, maka pilih Kelola Iklan. Jika Anda belum pernah sama sekali memiliki iklan, maka halaman ini akan tampak kosong. Klik Buat Iklan yang posisinya berada di atas kanan halaman Facebook Anda.

Cara Memasang Iklan di Facebook Ads Bagi Pemula
Kelola Iklan – Cara Memasang Iklan di Facebook Ads Bagi Pemula

Ada beberapa pilihan yang disediakan untuk memudahkan Anda dalam menentukan tujuan iklan tersebut, seperti di bawah ini :

  • Promosikan Halaman
  • Promosikan kiriman
  • Mengarahkan pengunjung ke situs web
  • Meningkatkan konversi situs web
  • Pemasangan aplikasi
  • Meningkatkan kehadiran pada suatu acara
  • Meningkatkan interaksi dalam aplikasi
  • Penayangan video
  • Mengajak orang untuk klaim penawaran

Berikan informasi tambahan seputar promosi Anda dan apapun yang berkenaan dengan tujuan iklan Anda saat itu.

Menyiapkan  Gambar

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih gambar yang nantinya akan digunakan untuk kepentingan iklan tersebut. Facebook memungkinkan Anda untuk melakukan pengujian terlebih dahulu pada gambar yang akan digunakan hingga enam gambar. Hal ini tentunya efektif untuk meningkatkan kinerja promosi iklan Anda. Pastikan gambar yang Anda pilih memiliki resolusi tinggi dengan ukuran 600 x 315.

Cara Memasang Iklan di Facebook Ads Bagi Pemula
Menyiapkan Gambar – Cara Memasang Iklan di Facebook Ads Bagi Pemula

Menyusun Kalimat Iklan

Sebagian orang merasa bahwa bagian tersulit dalam memasang iklan Facebook adalah ketika menyusun kalimat yang akan dijadikan konten iklan tersebut. Ada tiga bagian yang perlu Anda perhatikan dalam membuat konten iklan Facebook, seperti  judul, teks, link khusus iklan newsfeed. Pastikan bahwa konten yang Anda tulis dapat menerangkan secara lengkap dan utuh mengenai bisnis atau page Anda. Gunakan kalimat yang singkat, padat, dan jelas agar sesuai dengan jumlah karakter yang dibatasi oleh Facebook. Jangan lupa untuk klik pratinjau terlebih dahulu sebelum memutuskan membayar iklan yang telah dibuat, untuk memastikan template iklan sudah sesuai dengan keinginan Anda.

Penempatan Iklan

Ada tiga tempat yang ditawarkan Facebook untuk spot penempatan iklan, di antaranya Newsfeed, Mobile, dan kolom sebelah kanan. Sebagian orang menganggap bahwa penempatan iklan pada Newsfee lebih strategis ketimbang penempatan iklan pada kolom sebelah kanan, padahal hal itu belum dapat dipastikan sebelum Anda menguji penempatan iklan tersebut.

Cara Memasang Iklan di Facebook Ads Bagi Pemula
Iklan Siap Tayang – Cara Memasang Iklan di Facebook Ads Bagi Pemula

Demikian Cara Memasang Iklan di Facebook Ads Bagi Pemula, yang dapat sahabat terapkan untuk membantu mempermudah dan memperlancar bisnis online kamu di Facebook. Semoga bermanfaat, silahkan di SHARE ^__^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *