Mengenal Istilah Unicorn dan Cockroach Pada Dunia Start Up

Mengenal Istilah Unicorn dan Cockroach Pada Dunia Start Up

Mengenal Istilah Unicorn dan Cockroach Pada Dunia Start Up – Terjun ke  bisnis tech Start up sedang digandrungi oleh anak muda di era milenial. Bisnis ini tumbuh menjamur. Siapa cepat dia dapat, siapa yang paling kreatif dan tidak kehilangan moemntum, akan mampu bertahan dan tumbuh.

Pernahkan kalian mendengar istilah Unicorn dan Cockroach pada dunia Start Up?

Secara bahasa, Unicorn merupakan makhluk mitologis yang berwujud kuda dengan sebuah tanduk di dahi. Jika kata cornus dihubungkan dengan kata horn, maka berarti tanduk. Biasanya, bulu Unicorn berwarna putih dan tanduknya berbentuk spiral.

Mengenal Istilah Unicorn dan Cockroach Pada Dunia Start Up

Unicorn umumnya dianggap sebagai makhluk baik dengan darah serta tanduknya diyakini memiliki kekuatan menyembuhkan dan memurnikan.

Mengenal Istilah Unicorn dan Cockroach Pada Dunia Start Up, pengertian unicorn, pengetian cockroach, unicorn di indonesia, istilah cockroach
Mengenal Istilah Unicorn dan Cockroach Pada Dunia Start Up

Dari filosofi Unicorn tersebut, istilah Unicorn digunakan bagi pelaku startup yang besar di dunia.

Istilah Unicorn pada dunia startup adalah startup dengan nilai valuasi di atas US$ 1 miliar.  Walaupun muncul ribuan startup di Indonesia, namun hanya tiga pemain saja yang menyandang gelar unicorn.

3 Unicorn di Indonesia yaitu:

  1. Gojek, per Oktober 2017, nilai valuasi Gojek berkisar lebih dari US$ 3 miliar, atau sekitar 40 triliun rupiah.
  2. Tokopedia, nilai valuasi Tokopedia ditaksir sekitar US$ 2 miliar
  3. Traveloka, nilai valuasi Traveloka ditaksir sekitar US$ 2 miliar

Selain istilah Unicron, muncul juga istilah cockroach.

Dalam segi bahasa, cockroach. artinya kecoa. Sebagaiman kita tahu, kecoa identik dengan binatang pengganggu. Berbeda dari unicorn yang terkesan keren, mewah, dan elegan. Cockroach justru terkesan jorok, jelek, bahkan mengganggu. Meski begitu, nyatanya kecoak adalah binatang yang gesit dan tahan banting.

Tapi jangan salah, di mata investor, kelas kecoak ini justru jauh lebih seksi ketimbang unicorn, lantaran lebih gesit, bisa bertahan, berorientasi pada profit, dan “tidak bakar duit”.

Bagaimana, sudah mulai paham dengan istilah Unicorn dan Coackroach pada dunia Startup? Siapakah selanjutnya yang akan menjadi Unicorn?

Semoga artikel Mengenal Istilah Unicorn dan Cockroach Pada Dunia Start Up ini bermanfaat bagi sahabat. Silahkan di share ^__^

 

2 thoughts on “Mengenal Istilah Unicorn dan Cockroach Pada Dunia Start Up

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *