Puasa Muharam Dan Amalan Yang baik dilakukan Ketika Bulan Muharram

Puasa Muharam Dan Amalan Yang baik dilakukan Ketika Bulan Muharram

Puasa Muharam Dan Amalan Yang baik dilakukan Ketika Bulan Muharram – Nabi memerintahkan kita puasa di tanggal 9 atau biasa di sebut hari Tasu’a yang diambil dari kata Tisa’ dan tanggal 10 yang biasa di sebut hari Asyura

Puasa pada 10 Muharam dilandaskan sebuah kisah.

Alkisah, seorang sahabat bertanya pada Nabi Muhammad Sallawlahu Alaihi Wassalam

“Wahai Nabi, orang-orang yahudi sedang berpuasa pada hari ini.”

Lalu Rasullullah berkata “Coba kau berkeliling, kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya, apa alasan mereka melakukan puasa pada hari ini?”

Setelah itu, sahabat Nabi berkeliling mengumpulkan informasi, sahabat tadi kembali lagi dan menyampaikan informasi tersebut “Ya Rasul, mereka berkata bahwa hari ini mereka berpuasa dikarenakan mereka percaya jika hari ini, 10 Muharram, Allah menyelamatkan Musa dari  kejaran Fir’aun.”

Lalu kata Rasulullah “kami lebih menghormati Nabi Musa dari pada mereka.” lalu Nabi memerintahkan umat Muslim untuk berpuasa pada 10 Muharam.

Menurut Riwayat Bukhari Muslim, Rasul bersabda bahwa jika kalian berpuasa pada 10 Muharam, maka menghapus dosa selama 365 hari atau satu tahun kebelakang.

Dan kenapa harus ada puasa sebelum tanggal 10 Muharam yaitu pada tanggal 9 Muharam, menurut Tirmidzi bahwa Nabi Muhammad Salawlahu Alaihi Wassalam bersabda “jika tahun depan aku masih hidup, aku akan gabungkan tanggal 9 dan 10 Muharam untuk berpuasa agar menyelisih Yahudi.”

Puasa Muharam Dan Amalan Yang baik dilakukan Ketika Bulan Muharram

Dan banyak amalan yang bisa dikerjakan di bulan Muharam, diantaranya :

  1. Jauhkan Diri Dari Berbuat Maksiat

Dari Ibnu’Abbas Radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Allah berfirman dari surat At-Taubah:36 yang artinya : “… Maka janganlah kaloan mendzalimi diri kalian.”

  1. Banyaklah Berpuasa

Menurut Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi Muhammada Sallawlahu Alaihi Wassalam bersabda yang artinya : “Sebaik-baik puasa setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah yaitu bulan Muharam dan shalat yang utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.” Hadist Riwayat Muslim

  1. Puasa di tanggal 9 dan 10 Muharam
  2. Interospeksi Diri

Namun ada pula yang menyebutkan bahwa terdapat beberapa bid’ah (tidak ada tuntunan dari Nabi Muhammad Sallawlahu Alaihi Wassalam atau pun hadist yang shohih) yang harus dihindari berkaitan dengan bulan Muharam, diantarany:

  1. Meyakini Bahwa Bulan Muharam adalah Keramat

Banyak orang terutama masyarakat Indonesia menghubung-hubungkan bulan Muharam dengan bulan keramat dan melakukan ritual-ritual yang tidak ada tuntunannya dari Nabi Muhammad Sallawlahu Alaihi Wassalam seperti mencuci dan memandikan keris dengan kembang tujuh rupa, mandi di kali atau laut.

  1. Shalat Assyuro

Banyak sekali pendapat yang mengatakan bahwa kita di sunahkan melakukan shalat Assyuro. Shalat ‘Asyuro ini adalah shalat yang dikerjakan diantara  zhuhur dan ashar, berjumlah empat rakaat, dan setiap rakaat membaca al-Fatihah satu kali, lalu membaca ayat kursi sebanyak sepuluh kali, Qul HuwAllahu Ahad sepuluh kali, al-Falaq dan an-Nas lima kali. Apabila selesai salam, istighfar tujuh puluh kali. Namun menurut As-Syuqoiry berkata: “Hadits shalat ‘Asyuro adalah hadits palsu.”

Demikian artikel Puasa Muharam Dan Amalan Yang baik dilakukan Ketika Bulan Muharram beserta dalil dan landasan dalam melakukannya. Namun tidak bisa dipisahkan juga bahwa banyak sekali bid’ah atau hal-hal yang tidak pernah dicontohkan Nabi Muhammad Salawlahualaihi Wassalam berkenaan dengan menyambut Muharam.

Semoga kita menjadi salah satu umat Nabi Muhammad yang mendapatkan syafaat beliau di akhirat kelak, Aamiin Ya Robbal Alamin

==============

Ingin menjadi penghafal Al-Qur’an? Hafal Tanpa Menghafal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *