Jangan Lupa Cicipi Kuliner Berikut Ini Jika Mampir Ke Surabaya

Jangan Lupa Cicipi Kuliner Berikut Ini Jika Mampir Ke Surabaya

Gelanggang ganas 5:15,
di Ahmad Yani yang beringas.
Sinar kuning merkuri: pendar celaka akhir hari.
Malam jatuh di Surabaya. – Kutipan lirik “Malam Jatuh Di Surabaya” oleh Silampukau

fey777.com – Apa yang terlintas ketika mendengar kata Surabaya? Kalau saya sih, langsung inget dengan dua hal, yaitu kota Pahlawan, sejarah Surabaya sangat diperhitungkan dalam perjuangan Arek-Arek Suroboyo (Pemuda-pemuda Surabaya) dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia. Dan hal kedua yang sangat lekat adalah Bonek, sebutan bagi supporter tim sepakbola Persebaya, yang terkenal dengan militan.

Selain dua hal itu, menurut hemat saya, Surabaya layak menjadi tujuan wisata, menjadi kota terbesar kedua di Indonesia jika dilihat dari jumlah penduduknya. Sebagai Ibu kota dari Provinsi Jawa Timur, Surabaya kaya akan sejarah yang menjadikan kota ini memiliki banyak makanan yang layak kamu cicipi.

Hal ini membuat banyak maskapai penerbangan yang membuka rute ke Surabaya, liburan kamu akan semakin menarik dan murah dengan banyaknya tiket promo seperti Air Asia promo yang bisa kamu dapatkan di Traveloka. Gak percaya? Cek deh promo AirAsia setiap hari.

Selain banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, ada banyak tempat kuliner yang bisa kamu jadikan tempat eksplore dan juga untuk memenuhi hasrat makan kamu.

  1. Sate Klopo
Sate Klopo - Surabaya. Sumber foto: kabarkuliner.com
Sate Klopo – Surabaya. Sumber foto: kabarkuliner.com

Namanya memang Sate Klopo, tapi bukan berati kelapa yang dibuat sate, sate klopo masih tetap terbuat dari daging yang juga mencampurkan jeroan dan lemak sapi. Setelah itu, satenya dilumuri parutan kelapa sebelum dibakar. Ada banyak tempat makan yang menjual Sate Klopo, namun yang paling legendaris adalah Sate Klopo Ondomohen Bu Asih. Tak hanya sate sapi dan ayam, di sini juga tersedia sate udang dengan rasa gurih yang didapat dari kelapa yang dibakar bersama daging tersebut.

Alamat: Sate Klopo Ondomohen Bu Asih yang terletak di Jalan Walikota Mustajab no 36, Surabaya.

2. Rujak Cingur

Rujak Cingur Surabaya
Rujak Cingur Surabaya – foto: infomakan.com

Siapa yang tak kenal dengan Rujak Cingur, makanan unik ini terbuat dari hidung sapi. Banyak tempat yang menjual rujak cingur ini, salah satu yang paling terkenal adalah Rujak Cingur Ahmad Jais yang dekat dengan Jalan Tunjungan.

Tempat ini terkenal karena rasa otentiknya yang dipadukan dengan dengan petis. Meski lebih mahal dari tempat makan lain yaitu seharga Rp 50 ribu, namun rujak di tempat ini sangat layak kamu nikmati. Namun tak akan menguras kantongmu kok, jika kamu bisa pergi ke Surabaya dengan menggunakan tiket AirAsia promo, jadi kamu bisa berwisata kuliner sepuasnya.

3. Nasi Rawon

Nasi Rawon Surabaya
Nasi Rawon Surabaya – foto: kompasiana.com

Makanan khas Surabaya lain yang wajib kamu nikmati saat berkunjung ke sini adalah nasi rawon dengan  kuah hitam manisnya. Di Surabaya sendiri banyak warung rawon yang terkenal. Namun, jika kamu sedang ingin mencicipi rawon legendaris, maka segeralah pergi ke daerah Taman Bungkul. Disana kamu bisa menemukan sebuah tempat makan dengan nama Warung Sedap Malam “Rawon Kalkulator”.

Tempat rawon ini terkenal karena rasanya yang gurih banget dan dagingnya juga empuk. Penamaan kalkulator pun berawal dari kecepatan kasir saat menghitung bagai kalkulator. Maka rawon kalkulator pun menjadi semakin terkenal.

4. Lontong Kupang

Lontong Kupang Surabaya
Lontong Kupang Surabaya – Foto : weyap.com

Kupang sendiri merupakan kerang kecil yang hanya bisa kamu temukan di Surabaya, karena alasan inilah kamu wajib untuk mencicipi makanan ini. Sayangkan kamu sudah terbang jauh-jauh ke Surabaya dengan tiket AirAsia promo tapi tidak mencicipi makanan khasnya?

Kupang ini punya tekstur seperti kerang pada umumnya, namun ukurannya yang kecil dan juga rasanya yang sangat lezat. Salah satu restoran lontong kupang yang terkenal sangat lihai dalam mengolahnya adalah Lontong Kupang Artomoro. Jadi, jangan lupa untuk memasukan lontong kupang ini ke dalam list wisata kulinermu, ya.

5. Es Krim Zangrandi

Es Krim Zangrandi Surabaya
Es Krim Zangrandi Surabaya – foto: detik.com

Wah, siapa yang tak suka Es Krim, terlebih Kedai Es Krim ini termasuk kedai yang tertua di Indonesia. Malah mungkin, umurnya tak berbeda jauh dengan Es Krim Ragusa yang ada di Jakarta. Kedai es krim yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso sampai saat ini masih mempertahankan keasliannya. Mulai dari teknik pembuatannya sampai keaslian rasanya masih terjaga dan tentunya tanpa bahan pengawet loh.

Jadi, tunggu apalagi! Segera dapatkan tiket AirAsia promo kamu di Traveloka sekarang juga dan segera terbang ke Surabaya untuk mecicipi makanannya. Dari 5 makanan tadi, mana nih yang sudah pernah kamu coba? Silahkan di share ^__^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *