Ingin Bangkit dan Berkembang, Pelaku Ekonomi Lokal Harus Melek Digital

Ingin Bangkit dan Berkembang, Pelaku Ekonomi Lokal Harus Melek Digital

fey777.com – Pada Kamis, 18 Mei 2017, saya berkesempatan untuk mengikuti helatan yang bertajuk “Bangkitkan Ekonomi Lokal dengan Go-Digital” di Gedung Graha Pos, Jl. Banda No.30 Bandung. Sebagai profesional yang sehari-hari berkecimpung di dunia digital, saya wajib mengikuti event keren ini. Kebetulan juga acaranya digelar di kota kelahiran saya, Bandung, kota yang tidak hanya terkenal dengan bersih, hijau, berbunga, namun kini Bandung menjelma sebagai kota industri kreatif dan digital.

Lebih dari 600 pemilik UKM & startup Bandung hadir di acara yang diinisiasi oleh bDigital Indonesia dan didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM ini. Dari informasi yang saya dapat dari panitia,  bDigital Indonesia adalah perusahaan teknologi yang menyediakan platform berbasis internet untuk membantu 59 juta UMKM mendigitalisasi bisnisnya untuk menjangkau pelanggan secara luas. Sebagai “Online Business Builder” lokal pertama di Indonesia, bDigital menyediakan sarana dan alat penjualan yang lebih efektif dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas usaha kecil menengah, sehingga perekonomian bangsa lebih maju dan sejahtera.

Selain memiliki visi untuk meningkatkan jumlah UKM online di Indonesia, Komite Mari Berdigital turut melihat perkembangan permintaan pelanggan di tanah air.  Tak dipungkiri, Indonesia memiliki lebih dari 250 juta penduduk yang berpotensi menjadi konsumen UMKM. Kebutuhan yang muncul pun beragam mulai dari produk hingga jasa online. Mengoptimalkan jumlah UKM berdigital demi memenuhi kebutuhan penduduk ini menjadi agenda dari Gerakan Nasional – Mari Berdigital Bandung.

“Menyambut Hari Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei 2017, gerakan yang disponsori oleh Midtrans dan Indosat Ooredoo ini dialiri semangat membangkitkan ekonomi lokal dengan mendukung UKM Indonesia go-digital.” Ujar Bapak Rama Dhonanto, selaku Managing Director bDigital Indonesia.

Saya berkesempatan berkeliling mengunjungi beberapa stand yang ada. Sebelumnya, helatan ini pertama kali digelar di Jakarta, dan Bandung adalah menjadi kota yang kedua. Yang berbeda dari Gerakan Nasional kali ini adalah adanya kurikulum yang komite kemas khusus untuk pengembangan bisnis UKM Indonesia.

Demi mewujudkan kurikulum ini, akan ada 3 arena berbeda. Arena pertama adalah Conference Arena, tempat pengunjung disuguhkan dengan acara utama dan panel diskusi bersama para ahli yang berkompeten di bidangnya. 2 arena lainnya, bertempat di gedung yang sama, adalah workshop digital dan bisnis. Di arena Tech & Digital, kurikulum yang kami junjung adalah seputar digital marketing, eCommerce, dan media sosial.

Pengunjung yang mendatangi arena ini akan diedukasi bagaimana cara beriklan di Google, hingga strategi mendigitalisasi bisnis dari pakarnya. Di arena Business Growth, hadir komunitas UKM dan business coach ternama yang membantu UKM mengembangkan bisnis dari segi finansial, branding dan hukum.  Peserta seminar di arena ini akan diperkaya ilmunya baik itu untuk mengembangkan bisnis maupun kiat sukses dari pembicara ahli. Saya pun berkesempatan untuk mengikuti kelas yang ada.

Rama Dhonanto (Managing Director BDigital), Agus Muharram (Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM), Santi Diansari (Country Direktorat CSR IBM), dan Soni Jiferson (Ketua Pelaksana Gerakan Nasional Mari Berdigital)
Rama Dhonanto (Managing Director BDigital), Agus Muharram (Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM), Santi Diansari (Country Direktorat CSR IBM), dan Soni Jiferson (Ketua Pelaksana Gerakan Nasional Mari Berdigital)

Pada acara pembukaan, turut hadir di konferensi pers adalah Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia; Bapak Agus Muharram, Country Director CSR IBM Indonesia; Ibu Santi Diansari, Managing Director bDigital Indonesia; Bapak Rama Dhonanto, dan Ketua Pelaksana Gerakan Nasional – Mari Berdigital; Bapak Soni Jiferson.

“Pemerintah berkomitmen untuk mendaringkan delapan juta UMKM pada 2020. Kegiatan ini adalah upaya untuk memajukan UMKM selaku salah satu tulang punggung perekonomian nasional,” tutur Agus Muharram.

Partner yang senantiasa turut menyukseskan acara adalah Lazada, Tech in Asia, Daily Social, TDA Bandung, Indigo Creative Nation dan masih banyak lagi. Lebih dari 30 booth bisnis berdigital juga mewarnai one-day conference di Lantai 8, Gedung Graha Pos, Bandung.

Bersama teman-teman dari Blogger Bandung
Bersama teman-teman dari Blogger Bandung

Semoga acara bermanfaat ini bisa rutin digelar, dan berlanjut di kota-kota lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *