Serunya Berbagi di Workshop One Day Shoot Bersama Kriya Cantik Bekasi

fey777.com – Era terus berkembang, gaya hidup manusia terus berubah. Sudah menjadi kebutuhan, di era digital saat ini pebisnis dituntut “melek digital”. Gajet sudah 24 jam  begitu menyatu dalam kehiduan sehari-hari.  Google Indonesia pernah mensurvey di lima kota besar di Indonesia yaitu Jabodetabek, Bandung, Semarang dan Surabaya pada periode Desember 2014 – 2015, diketahui ternyata rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktu selama 5,5 jam per hari di layar ponsel pintarnya. Biasanya mereka nongkrongin ponsel saat sore hingga malam hari. Pengguna selain aktif berjejarin sosial, mencari informasi, juga berbelanja online.

Tren belanja online kini memang menaik, seiring dengan tingkat semakin meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap kenyamanan dan kemanan transaksi belanja online. Pun dengan fitur-fitur smartphone layar lebar dengan berbagai apilikasi yang mempermudah pengguna mengakses berbagai situs belanja online dengan mudah dan nyaman.

Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet di Indonesia 2016_Page_06
Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet di Indonesia 2016

Kondisi ini tentu saja satu sisi memberikan angin segar bagi pebisnis online atau UKM untuk menyuguhkan produk terbaik kepada konsumen secara kualitas, layanan, dan penampilan yang menarik secara visual sebagai modal pikat pertama. Meski banyak teknik grafis atau apps editing foto yang seolah memberikan efek kamuflase, tetapi dalam bisnis online hal tersebut sebaiknya tidak kita lakukan. Tampak bagus di foto tidak sesuai kenyataan. Belum lagi soal etika berjualan, dan pemilihan media yang sesuai untuk produk yang ingin ditawarkan.

Intinya dalam berbisnis adalah bagaimana dapat memelihara hubungan dengan konsumen jangka panjang karena kepercayaan akan kualitas.  Di media sosial, kekuatan pemasaran dari mulut ke mulut pun makin kuat  Baik atau cacat sedikit saja  produk yang  dibeli  konsumen, dalam tempo cepat bisa tersebar di medsos, menjadi pembicaraan di publik yang tak jarang berujung pembulian jika nyatanya produk atau pelayanan mengecewakan.

Pada hari Sabtu, 8 April 2017, saya berkesempatan berbagi kepada sekitar 60 orang ibu-ibu hebat yang menggeluti usaha. Mereka tergabung dalam Komunitas Kriya Cantik Bekasi. Acara dilaksanakan di Kayu Tjokelat Resto & Cafe Bekasi. 

Saya mengisi sesi pertama workshop yang disambut antusias oleh para peserta yang hadir. Saya berbagi cerita mengenai kegiatan saya mengelola bisnis online, analis marketing, dan aktivitas mengemban amanah sebagai Account & Marcomm Manager Sygma Media Inovasi, anak perusahaan dari Sygma Group yang bergerak dalam layanan jasa Content Developer, Riset, dan Event Organizer.

Materi yang saya sampaikan mengenai trend bisnis online sekarang, ‘low-budget high-impact marketing techniques’, etika berjualan online lengkap dengan analisis kasusnya, strategi pemilihan media yang tepat untuk promosi dan marketing, teknik optimalisasi budget untuk promosi dan marketing. Terakhir, peserta langsung diberikan simulasi praktek.

Sesi kedua menghadirkan Boni Bode Febrianda,  Sydney based photographer yang ahli di bidang   fashion, lifestyle, food, dan commercial. Sejumlah kliennya diantaranya, Coca-Cola, P&G, Nike, Marcedes-Benz, dan Fashion Week Australia. Pada materi ‘how to make great photo product by smartphone’, Mas Bode menjelaskan tips menampilkan foto produk yang menjual, analisis kasus yang sering terjadi di bisnis online, prinsip yang harus ditampilkan dalam foto untuk bisnis online, serta ditutup dengan simulasi dan praktik. 

Mas Bode berbagi Mengenai Fotografi

Setelah mengikuti workshop ini diharapkan peserta dapat mengetahui tehnik memotret produk dengan smartphone yang baik dengan mengenali target market yang tepat. Peserta juga dapat memahami etika berjualan online yang bijak di media sosial, membuat rencana, strategi promosi yang tepat sasaran di media sosial, serta optimalisasi bujeting sehingga bisa memberikan dampak sesuai yang diharapkan.

Pasca acara, semua peserta bergabung di grup Facebook, dan saya bimbing untuk melakukan tahapan-tahapan strategi yang telah disampaikan pada pelatihan. Karena saya yakin, PR terbesar adalah semua peserta harus mempraktekan materi yang telah disampaikan, sehingga ada hasil bagi bisnis para peserta.

Tak kalah penting, dalam workshop ini, peserta dapat memahami konsep kolaborasi dan saling mendukung kemajuan bisnis terkait (sharing economy). Tidak berjalan sendiri-sendiri seperti yang banyak terjadi di kalangan UKM kita, sering tidak siap supply karena keterbatasan stok, modal, bahan baku dan sebagainya. Jika adanya kebersamaan, Insya Allah masalah klasik tersebut bisa teratasi, dengan masing-masing saling mencukupi.

Workshop ini  dimeriakan dengan aneka kuis  dan lomba  foto produk melalui media sosial.  Obyek foto dapat merupakan  produk-produk mereka sendiri dan sponsor.  

Saya ucapkan terima kasih untuk Mbak Ika  dan team dari Mitra Branding sebagai creative organizer, Komunitas Kriya Cantik Bekasi, Mas Bode, Sygma Media Inovasi, dan para sponsor yang telah mendukung acara ini.

Semoga bisa bermanfaat, kerjasama berkelanjutan, dan penuh kebarokahan. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *