7 Alasan Kenapa Saya Mengagumi dan Ingin Berangkat Ke Jepang

Seikō wa kōfuku no kagi dewa nai. kōfuku ga seikō no kagi nano da.
Sukses bukan kunci kebahagiaan. Kebahagiaan itulah kunci sukses.

fey777.com – 7 Alasan Kenapa Saya Mengagumi dan Ingin Berangkat Ke Jepang – Awal 90’an, saat itu saya baru saja masuk sekolah. Hiburan televisi memang belum terlalu ramai seperti sekarang. Stasiun televisi hanya ada satu, yaitu TVRI. Sebagai stasiun TV satu-satunya, saya sangat hafal acara apa saja yang tayang di TVRI. Salah satu acara di TVRI saat itu yang saya masih ingat sampai sekarang adalah serial “Oshin”. Serial ini menceritakan perjalanan hidup Shin Tanokura dalam era Meiji sampai awal 1980-an. Ia dipanggil “Oshin”, dan harus bekerja keras dari sejak kecil sampai dewasa, namun kemudian berkat usahanya menjadi pemilik waralaba toko swalayan yang kaya.

Serial TV Oshin - foto : http://blognyanuri.blogspot.co.id
Serial TV Oshin – foto : http://blognyanuri.blogspot.co.id

Karena waktu itu saya masih kecil, yang paling menarik dari serial Oshin adalah saljunya. Salju putih turun dimana-mana, yang begitu tebal menutupi bumi. Saya membayangkan, sangat senang rasanya jika saya bisa bermain seperti Oshin kecil, bisa bermain salju dan bersenda gurau dengan teman-teman main di Jatinangor Kabupaten Sumedang. Keberadaan salju yang tidak mungkin ada di kampung halaman saya, karena Indonesia beriklim tropis.

Pengaruh Televisi Bagi Masuknya Informasi Tentang Jepang Ke Indonesia

Waktu terus beranjak, kemunculan stasiun televisi swasta di tahun 1991 menjadi warna sendiri bagi dunia hiburan dan alat penyambung informasi di Indonesia. Televisi memang sangat mempunyai peran dalam memberikan pengaruh kepada penonton.

Mengenai peranan televisi, Warto, Riyanto, Wahono, dan Prasasti (1999: 51) menyebutkan media televisi “… cukup berperan penting dalam sosialisasi nilai, terutama gambar visual yang ditampilkan sangat cepat diserap khalayak.” Esram, Sasmita,

Harsono, dan Yussuwadinata (1996: 22-24) secara khusus menyebutkan mengenai fungsi penggunaan media televisi yakni fungsi informasi (the information function), fungsi pendidikan (the educational function), dan fungsi hiburan (the entertainment function).

Begitu pula dengan informasi yang saya dapat tentang Jepang. Walaupun brand Jepang pada sebelum tahun 90-an terkenal dengan brand sebagai negara yang pernah menjajah Indonesia, kehadiran televisi sangat berpengaruh besar dalam memberikan segala informasi tentang Jepang. Jepang yang kelak menjadi negara sahabat bagi Indonesia dan mengenalkan nilai-nilai positif kepada Indonesia.

Beberapa tayangan televisi era 1990 sampai dengan 2000-an yang memberi informasi tentang Jepang selain serial Oshin antara lain: Super Sentai,  Ksatria Baja Hitam (Kamen Rider), Ninja Hattori, Kobo-chan, Tokyo Love Story, Asunaro Hakusho / Ordinary People, Sailor Moon, Robot Kabutaku (B-Robo Kabutaku), Pendekar Rajawali (Si Yoko), Doraemon, dan serial terkenal lainnya.

Ksatria Baja Hitam - Foto: nocookie.net
Ksatria Baja Hitam – Foto: nocookie.net

Ekspansi Jepang melalui seni dan kebudayaan, khususnya melalui film yang  didistribusikan kepada negara lain sangatlah massive di era pasca pengeboman Hiroshima. Melalui karya film, bisa menjadi media yang tepat untuk mengenalkan negara Jepang dengan segala keunikannya. Pemerintah Jepang dan pelaku seni sangat serius untuk melahirkan karya-karya yang bisa diterima oleh warga dunia. Hal yang menakjubkan ketika serial Oshin bisa ditayangkan di 59 negara, termasuk Indonesia. Atau siapa yang tidak kenal dengan Doraemon? Tokoh karya dari Fujiko F. Fujio ini sangat mendunia serta menjadi brand dan karakter yang kuat tentang negeri Sakura.

Internet Sebagai Alat Propaganda Jepang

Zaman terus berubah, pasca televisi menjadi sarana untuk mengenalkan kebudayaan Jepang, berkembangnya internet, mempunyai peran penting dalam menyebarkan karya dan indsutri kreatif dari Jepang ke seluruh dunia. Didukung oleh teknologi yang canggih, Jepang terlihat sangat serius untuk mencitrakan negaranya yang keren, atau ada istilah yang menyebut Cool Japan.

Pemanfaatan teknologi internet, menjadi alat propaganda yang ampuh untuk memberikan informasi yang lebih luas kepada masyarakat dunia. Setelah terjadinya revolusi di bidang komunikasi, perkembangan komunikasi jarak jauh otomatis menjadi mudah dilakukan. Pertukaran informasi antar daerah bahkan antar benua bisa terjadi secara langsung.

Jepang, sangat pionir dalam memberikan informasi mengenai negaranya keseluruh belahan dunia. Menurut Nisya Rifiani dalam pendapatnya:

Pada masa sekarang ini, kapabilitas informasi merupakan sumber power yang paling krusial. Informasi budaya yang mengalir dan tanpa kita sadar sudah masuk alam bawah sadar kita. Dan pengaruh itu datangnya dari negara yang memiliki kekuatan yang realtif lebih besar dibanding negara sekitarnya. Jepang yang kini memiliki hegemoni budaya yang sangat kuat dan terpendar kepada negara-negara yang melakukan hubungan internasional dengannya.

7 Alasan Kenapa Saya Mengagumi dan Ingin Berangkat Ke Jepang

Pesona Jepang banyak saya dapat informasinya melalui televisi, film, internet, media cetak, dan media konvensional lainnya. Hal-hal yang menjadi pembeda dan unik dari Jepang, menambah kekaguman saya terhadap negeri asal Captain Tsubasa ini.

Apa yang cool (keren) menurut kalian dari Jepang? Anime, manga, musik, kuliner, fashion. Adakah lagi? Banyak sekali. Cool Japan mengadopsi 13 industri yang dikelompokkan sebagai industri kreatif. Total yang  saya hitung, ada sekitar 18 industri dalam industri kreatif  yang digarap serius oleh Jepang, seperti :  Advertising (periklanan), Arsitektur, Kesenian, Kerajinan, Desain, fashion, Film & video, Musik, Pertunjukan seni, Penerbitan, Computer, software, Televisi & radio, Tableware (peralatan makan), Perhiasan, Stationary (alat tulis). Olahan kulit, Mainan, dan Furniture.

Dari hasil analisa, eksplorasi di internet dan wawancara terhadap beberapa teman yang pernah berkunjung ke Jepang, berikut saya rangkum, 11 Alasan Kenapa Saya Mengagumi Jepang.

1. Budaya Jepang Yang Mendunia

Budaya menurut arti bahasa adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Budaya Jepang sangat banyak sekali, beberapa budaya Jepang populer yang mendunia ingin saya lihat langsung dengan kedua mata saya sendiri di negeri asalnya. Beberapa budaya yang saya ingin ketahui langsung diantaranya:

  • Pakaian Tradisional Jepang Kimono
  • Geisha
  • Upacara Minum Teh
  • Ikebana
  • Matsuri
  • Sumo dan budaya lainnya.
Pakaian Tradisional Jepang Kimono
Pakaian Tradisional Jepang Kimono – Foto: http://japan-link.blogspot.co.id

Budaya Jepang, mempunyai karakter sendiri dan unik. Tidak hanya budaya dalam kesenian dan adat tradisional, budaya Jepang dalam bekerja pun terkenal dengan budaya kerja keras dan disiplin.

2. Kuliner Yang Unik dan  Menggoda

Selain kebudayaan yang sangat kuat, negeri Sakura terkenal juga dengan makanan tradisional yang mempunyai cita rasa yang khas. Ada beberapa makanan asal Jepang yang ingin saya nikmati langsung di negeri asalnya. Tersebutlah beberapa makanan yang menggoda untuk saya cicipi. Makanan tersebut diantaranya:

  • Mochi
  • Dorayaki
  • Onigiri
  • Yakiniku
  • Teriyaki
  • Ramen
  • Udon
  • Soba
  • Sushi
  • Sakuramochi
  • Hanabiramochi
  • Wasanbon, dan lainnya.
    Beberapa nama makanan tersebut sudah pernah saya cicipi (walaupun buatan Indonesia). Namun banyak sekali makanan asal Jepang yang membuat saya ngiler dan penasaran untuk saya cicipi langsung dari negeri asalnya.
SUSHI
SUSHI – foto : http://bisniswisata.co.id

3. Tempat-tempat Liburan Yang Menawan

Mengenai tempat wisata di Jepang yang ingin saya kunjungi, tentu banyak sekali. Saat ini, pemerintah Jepang dan elemen yang berperan dalam pariwisata Jepang, sangat serius dalam mengelola dan mempromosikan destinasi yang sangat layak untuk dikunjungi dan akan memberikan kesan yang menawan bagi wisatawan.

Berbekal informasi dari website HIS Travel Indonesia, yang merupakan  travel agent yang memiliki jaringan global yang tersebar di 60 negara dari 130 kota besar yang terdiri dari 190 cabang. Berikut diantaranya beberapa tempat liburan di Jepang yang ingin saya kunjungi ketika Wisata Ke Jepang :

  • Universal Studios Japan

Menawarkan atraksi khusus bertemakan “Cool Japan” yang berlangsung dari 16 Desember 2016 hingga 25 Juni 2017. Di area Cool Japan, Travel Mates dapat melihat jajaran film populer Jepang seperti Evangelion, Godzilla, Attack on Titan, Detective Conan, dan Monster Hunter yang dikemas dalam atraksi 4D dan Virtual Reality yang begitu canggih.

Universal Studio Japan
Universal Studio Japan – foto : http://his-travel.co.id

Wahana pertama adalah Evangelion XR Ride, Saya ingin merasakan sensasi kehidupan di dunia Evangelion seperti sungguhan. Dengan teknologi 360 derajat, XR teknologi akan secara sempurna membuatmu merasakan bertarung dengan monster raksasa dengan mengendarai pesawat yang membawa saya terbang. Sejauh mata memandang, kita akan disuguhkan pemandangan visual dunia Evangelion yang benar-benar seperti nyata, sound yang disajikan pun begitu jernih.

Evangelion XR Ride
Evangelion XR Ride – foto: http://his-travel.co.id

Godzilla: The Real 4-D, sajian visualisasi kota Osaka yang diserang oleh Godzilla dalam teknologi 4D yang benar-benar terlihat seperti nyata. Sepertinya saya akan merasa benar-benar berada di hadapan Godzilla dan berusaha menghindari api yang dikeluarkan dari mulutnya. Dari kokpit sebuah jet tempur, kita akan menyaksikan betapa ganas dan kuatnya godzilla, merusak jembatan dan gedung-gedung di sekelilingnya.

Attack on Titan: The Real, sama sepeti alur dalam kartunnya, kita akan bertarung melawan Titan, yaitu raksasa dengan badan yang tinggi pemakan manusia. Kamu akan bertarung melawan Colossus Titan dan Armored Titan bersama karakter-karakter utama yang ada di Attack on Titan seperti Eren Jaeger, Mikasa, hingga Levi.

Attack on Titan The Real
Attack on Titan: The Real – foto : his-travel.co.id

Detective Conan: The Escape, ketika memasuki wahana kamu akan menyaksikan pertunjukan teater tentang sebuah kasus yang sedang dihadapi kepolisian Osaka, karakter-karakter populer seperti Heiji Hattori dan lainnya akan muncul. Setelah itu kamu akan di bawa ke ruangan untuk melakukan briefing serta pembagian tim, kamu akan diberikan jam tangan, tablet, serta denah gedung yang berisi bom. Kamu harus memecahkan kasus dengan petunjuk yang ada di tablet berupa pesan dari Shinichi Kudo.

Detective Conan: The Escape
Detective Conan: The Escape – foto: his-travel.co.id

Monster Hunter: The Real, kita akan dihadapkan dengan monster yang akan menyerang setinggi 100 kaki. Kamu bisa mengoperasikan tombol yang disediakan untuk melawan monster tersebut bersama pengunjung lainnya.

Wahana ini menyajikan layar 43 meter di depan dengan visualisasi lautan dan udara, kamu akan diumpamakan mengendarai kapal laut yang memiliki balon udara. Kamu akan menghadapi monster di laut dan udara. Lengkap dengan efek air dan angin yang akan menerpa wajahmu.

Monster Hunter: The Real
Monster Hunter: The Real – foto : his-travel.co.id

Dari wahana-wahana yang disajikan, sangat menarik asa saya untuk datang ke Jepang adalah:

  • Dunia Doraemon Di Museum Fujiko F. Fujio

Siapa yang tidak kenal dengan Doraemon? kucing lucu asal Jepang yang mempunyai kantong ajaib ini, menjadi tontonan wajib Minggu pagi ketika saya masih kecil.

Fujiko F. Fujio merupakan pengarang asli dari Doraemon, P-Man, Esper Mami dan beberapa serial komik lainnya yang terkenal dan juga beredar di Indonesia. Kalau dilihat dari cara penggambaran tokoh-tokohnya, pasti kamu bisa dengan mudah membedakan karakter buatan beliau.

Museum Fujiko F. Fujio
Museum Fujiko F. Fujio – foto : his-travel.co.id

Untuk menghormati sekaligus memuaskan para penggemar tokoh-tokoh dan cerita beliau, maka dibuatlah satu museum di daerah Kawasaki, Jepang bernama Museum Fujiko F. Fujio, atau banyak yang menyebutnya Museum Doraemon, karena memang hampir sebagian koleksinya adalah tribute untuk tokoh-tokoh Doraemon.

Museum ini tidak jauh dari jantung kota Tokyo, tepatnya di kota Kawasaki yang hanya 20 menit dari stasiun Shinjuku. Museum ini menyediakan shuttle bus dari stasiun Noborito dengan tarif 200 Yen sekali jalan. Tetapi jalan santai menghabiskan waktu untuk menikmati pemandangan kota yang tertata rapi juga bisa, kok. Kamu tinggal turun di stasiun Mukogaoka Yuen dan berjalan kaki menuju museum.

Museum ini menyajikan banyak sekali tempat menarik. Mulai dari ruang kerja Fujiko F. Fujio yang penuh dengan buku-buku riset, sketsa gambar dan peralatannya. Belum lagi, kamu mungkin akan takjub dengan deretan laci kayu yang besar dan banyak sekali sebagai tempat beliau menyimpan naskah-naskah komik. Informasi lengkap tentang Museum Fujiko F. Fujio, bisa mengunjungi halaman -> Blog His Travel Indonesia.

4. Bunga Sakura Yang Mempesona di Musim Semi

Pesona yang ingin saya lihat langsung di Jepang adalah bunga Sakura. Bunga sakura melambangkan datangnya musim semi di Jepang. Dari info yang saya dapat, setiap bulan Februari, baik televisi maupun berita online menyiarkan informasi mengenai waktu mekarnya bunga sakura.

Pada umumnya, bunga sakura mulai mekar dari daerah beriklim hangat, yaitu dari daerah Tokyo di Kanto lalu berlanjut ke daerah Tohoku di bagian utara dan Hokkaido. Penyebaran mekarnya bunga sakura biasanya dimulai dari 10 hingga 14 hari sejak mekar yang pertama. Oleh karena itu agar bisa menikmati bunga sakura yang mekar sempurna, orang-orang di Jepang mengecek waktu perkiraan mekarnya bunga sakura.

Saya selama ini hanya bisa melihat keindahan bunga Sakura melalui film ataupun melalui internet. Jika suatu saat saya berkesempatan pergi ke Jepang, dan melihat langsung pohon Sakura, saya ingin melakukan hanami (ohanami), yaitu kesempatan langka piknik beramai-ramai di bawah pohon sakura untuk menikmati bunga sakura yang mekar sempurna.

hanami Piknik Bersama Saat Bunga Sakura Mekar Sempurna
“Hanami” Piknik Bersama Saat Bunga Sakura Mekar Sempurna – Sumber gambar: https://www.instagram.com/histravelindonesia/

5. Festival di Jepang Menarik 

Festival-festival di Jepang sangat menarik para wisatawan lokal ataupun mancanagera. Berbekal informasi yang lengkap dari blog HIS TRAVEL, ada festival yang sangat ingin saya kunjungi Festival di Ishigaki.

Ishigaki dikenal sebagai kota yang memang penuh dengan hal-hal berbau budaya, tidak terkecuali festival yang setiap tahun diadakan dan selalu ramai oleh pengunjung. Festivalnya pun sangat unik dan sanggup memancing rasa penasaran.

  • Festival Hari-Taikai (Dragon Boat Race) adalah sebuah tradisi yang dipinjam dari Tiongkok dan diselenggarakan sebagai penghormatan kepada dewa laut. Konon katanya festival Hari Taikai diadakan untuk mensyukuri hasil panen ikan yang melimpah setiap tahunnya. Ada banyak kelompok lokal yang berpartisipasi di dalam festival tersebut. Namun yang paling menarik adalah perlombaan perahu naga yang diikuti oleh nelayan lokal.
Festival Hari-Taikai (Dragon Boat Race)
Festival Hari-Taikai (Dragon Boat Race) – foto : www.y-mainichi.co.jp

Perahu tradisional yang disebut Sabani biasanya digunakan di dalam festival tersebut. Sabani sudah digunakan selama ratusan tahun oleh nelayan lokal di sana. Selain perlombaan perahu, festival Hari-Taikai juga menyajikan banyak stand makanan yang menjual berbagai hidangan tradisional Okinawa. Festivalnya mengambil lokasi di pelabuhan Ishigaki Gyokou.

  • Ishigaki Matsuri
    Ishigaki Matsuri menjadi sebuah festival terbesar di Ishigaki. Dalam waktu dua malam, Taman Shin-ei dipenuhi oleh kerumunan orang yang siap menikmati suguhan musik dan pertunjukan lokal. Parade besar biasanya diadakan di City Hall Street, yang merupakan jalanan utama di kota Ishigaki.

6. Moda Transportasi Yang Modern dan Tertata

Alat Transportasi adalah salah satu elemen penting dalam majunya sebuah peradaban kota dan masyarakatnya. Jepang adalah salah satu negara di dunia yang mempunyai moda transportasi yang tertata dengan baik, aman, teratur dan canggih. Ini sangat memudahkan warganya untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya.

Transportasi yang paling sering digunakan di Jepang adalah kereta, dengan berbagai pilihan rute, kita bisa berkeliling Jepang dengan lebih efisien.

Salah satu rute yang saya ingin coba adalah berjalan-jalan menggunakan HOKKAIDO SHINKANSEN, berbekal informasi di artikel blog HIS TRAVEL, membuat saya sangat penasaran dan antusias untuk mencoba.

berjalan-jalan menggunakan HOKKAIDO SHINKANSEN
Berjalan-jalan menggunakan HOKKAIDO SHINKANSEN – Foto: http://his-travel.co.id

Hokkaido terletak di kawasan paling utara Jepang, dengan iklim musim dingin yang membekukan dan panjang. Namun di Hokkaido pula kamu bisa menikmati musim panas yang sejuk dan berbeda dengan wilayah lainnya di Jepang. Di bagian paling utara itu pula tersedia pilihan transportasi cepat berbentuk kereta peluru (Shinkansen) Hokkaido yang dioperasikan mulai tahun 2016, tepatnya pada bulan Maret. Hokkaido Shinkansen merupakan kereta peluru pertama yang dioperasikan tahun ini, dan menghubungkan pulau Honshu di bagian utara (Shin-Aomori) sampai pulau Hokkaido di bagian selatan (Shin-Hakodate-Hokuto). Dibukanya jalur Shinkansen baru tidak hanya menguntungkan bagi penduduk lokal, namun juga bagi para wisatawan yang berkunjung kesana. Ini sekaligus menandai dibukanya jalur baru nan cepat yang menghubungkan dua pulau di bagian utara dan selatan.

7. Keindahan Alam Jepang Yang Mengagumkan

Jepang terkenal juga dengan keindahan alamnya. Salah satu tempat di Jepang yang ingin saya kunjungi adalah Gunung Fuji. Tidak hanya gunung Fuji yang indah, namun ada 5 danau yang mengelilingi gunung yang bertinggi  3.776 meter ini. Gunung Fuji adalah icon Jepang yang tidak bisa dilepaskan dari pikiran siapa saja saat diminta untuk mendefinisikan “Jepang” itu sendiri.

Keindahan gunung fuji Jepang
Keindahan gunung fuji Jepang – Foto : kesiniaja.com

Gunung yang dinobatkan sebagai salah satu situs warisan dunia ini dikelilingi oleh 5 danau yang masing-masing memiliki pemandangan Gunung Fuji yang berbeda. 5 Danau tersebut adalah

  • Danau Kawaguchi
  • Danau Saiko
  • Danau Shojiko
  • Danau Motosuko
  • Danau Yamanakako

Bagaimana Caranya Merencanakan Liburan Ke Jepang Dengan Baik?

Liburan ke luar negeri, terutama negara yang baru dikunjungi, harus dipersiapkan sebaik mungkin. Resiko yang terlalu tinggi jika kita tidak bisa memilih Travel mana yang bisa dipercaya. Bukan hanya urusan biaya, namun juga urusan keamanan dan jaminan keberangkatan. Jadi? pilihlah Travel yang TEPAT.

Perkenalan saya dengan HIS Travel Indonesia berawal dari sosial media, sangat bisa meyakinkan saya dan kalian yang ingin berliburan ke Jepang, untuk menjadikan HIS Travel Indonesia sebagai sahabat menemani liburan ke Jepang. Kenapa saya harus memilih HIS Travel Indonesia? berikut alasannya :

  1. Kenyamanan Layanan
    HIS Travel bertanggung jawab untuk mendukung kebutuhan perjalanan kita, mulai pada saat reservasi hingga kembali ke rumah.
  2. Jaringan Global Yang Mendukung Keamanan
    H.I.S. memiliki keuntungan dengan jaringan global yang mendukung aktivitas perjalanan kita. Dengan sistem layanan terbaik, mulai dari reservasi hingga kita kembali.
  3. Harga Terbaik langsung dari cabang luar negeri
    Cabang H.I.S. di luar negeri menawarkan harga terbaik untuk hotel dimanapun dan kapanpun.
  4. Unggul dalam Individual Tour
    HIS Travel Indonesia menyediakan berbagai macam tour dan menangani tour sesuai dengan keinginan kita. HIS Travel dapat menyusun perjalanan kita mulai dari tiket pesawat, hotel, optional tour, kereta api, penyewaan mobil dan semua yang kita butuhkan. HIS juga bisa membantu mengurus visa.
  5. Berafiliasi dengan HAnavi
  • Dengan Hanavi, kita bisa mengeksplor banyak tempat yang sulit dijangkau
  • Kemudahan mendapat penerbangan,kereta, atau akomodasi
  • Perjalanan yang menghemat waktu
  • Harga tiket yang murah

Dari banyaknya manfaat tersebut, maka sangat layaklah saya merekomendasikan HIS Travel Indonesia menjadi teman terbaik momen tak terlupakan berlibur ke Jepang.

Informasi mengenai HIS Travel Indonesia, bisa menghubungi :

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, khususnya bagi kalian yang ingin berangkat ke Jepang. ^__^ 

@Fey777

One thought on “7 Alasan Kenapa Saya Mengagumi dan Ingin Berangkat Ke Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *